Karyawan Pan Brothers Boyolali Demo karena THR Dicicil 8 Kali dan Gaji 2 Kali

Pekerja PT Pan Brothers Boyolali berunjuk rasa di depan pabrik, Rabu (5/5/2021). JIBI - Solopos/Bayu Jatmiko Adi
06 Mei 2021 10:07 WIB Rohmah Ermawati News Share :

Harianjogja.com, BOYOLALI - Ribuan karyawan PT Pan Brothers, TBK, yang beralamat di Mojosongo, Kabupaten Boyolali, berunjuk rasa memenuhi jalan di depan pabrik, Rabu (5/5/2021). Aksi mereka sebagai bentuk protes karena gaji dan tunjangan hari raya (THR) dicicil.

Karyawan melakukan mogok kerja setelah mendapatkan informasi jika gaji mereka bulan ini akan dicicil dua kali. Selain itu, pemberian THR tahun ini juga akan dicicil delapan kali.

"Setelah [mendengar] itu para pekerja tidak terima. Kami kerja tetap jalan, lembur jalan. Kenapa kebijakannya seperti ini? Baru tadi pagi kami mendapat informasi. Kemudian semua keluar [berunjuk rasa]," kata di salah satu pekerja PT Pan Brothers yang tidak mau disebut namanya, Rabu (5/5/2021), seperti dikutip dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, Kamis (6/5/2021). 

Karyawan lain yang juga tidak mau disebut namanya mengatakan jika ditotal, jumlah gaji, THR dan uang lembur yang harus diterima pegawai rata-rata Rp5 juta per orang.

Baca juga: Gunungkidul Keluarkan Rp37,3 Miliar untuk Bayar THR ASN

"Harusnya hari ini setiap tanggal 5, gaji dibayarkan. Tapi tadi diumumkan akan dibayar dua kali, tanggal 5 dan tanggal 10. THR juga dicicil delapan kali. Aturan pemerintah sudah jelas dibayarkan sekali," jelasnya.

Para pekerja pabrik mulai berhamburan memenuhi jalan Mojosongo-Teras sejak pukul 11.00 WIB. Hingga pukul 13.11 WIB, para pekerja masih memenuhi jalan dan halaman pabrik.

Mereka masih menunggu keterangan dari pihak manajemen.

"Kalau tidak ada kejelasan, ya besok [hari ini] paling mogok kerja," timpal pekerja lainnya.

Sumber : bisnis.com