Pemberlakukan Larangan Mudik: Mobil Bebas Keluar Masuk Semarang saat Dinihari

Suasana aktivitas kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (6/5/2021). - Antara\\r\\n
06 Mei 2021 08:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG - Pemudik yang menggunakan mobil pribadi ataupun bus masih bisa keluar masuk Kota Semarang tanpa hambatan karena belum ada penyekatan di Gerbang Tol Kalikangkung.

"Saat ini belum ada penyekatan karena kami belum mendapatkan instruksi," kata Catur, salah seorang petugas yang berjaga di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Rabu (5/5/2021).

Berdasarkan pantauan di lapangan hingga 01.40 WIB, kendaraan pengangkut penumpang masih terlihat hilir mudik masuk ataupun keluar melalui gerbang tol tersebut.

Beberapa mobil pribadi bernomor polisi Jabodetabek, bahkan bus pelat kuning terpantau dipenuhi penumpang. Sementara, pos-pos penyekatan di Gerbang Tol Kalikangkung justru terlihat kosong tak dihuni petugas.

Diketahui, Kota Semarang punya sembilan lokasi penyekatan pemudik Lebaran 2021 dan Gerbang Tol Kalikangkung adalah pos penyekatan terbesar di wilayah ini.

Secara keseluruhan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan 14 pos penyekatan di perbatasan antar provinsi dengan Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kemudian, untuk penyekatan di dalam wilayah Jawa Tengah disiapkan 71 pos di perbatasan antar kota dan antar kabupaten, sehingga total ada 198 pos penyekatan pemudik Lebaran.

Pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021, secara tertulis disebutkan semua kendaraan angkutan penumpang mulai dari mobil pribadi, bus hingga sepeda motor dilarang beroperasi.

Jika masyarakat nekat melanggar, maka petugas akan memberikan sanksi berupa putar balik ataupun hukuman sesuai ketentuan berlaku.

Kebijakan itu dibuat guna mencegah penularan Covid-19 yang sering naik saat libur panjang.

Sumber : Antara