Gubernur Anies Tinjau Pasar Tanah Abang yang Sesak Pengunjung, Begini Katanya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya meninjau langsung kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang mulai diserbu warga berbelanja jelang lebaran. - Suara.com/Stephanus
02 Mei 2021 15:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung mengambil tindakan terkait kerumunan pengunjung di Pasar Tanah Abang pada akhir pekan ini jelang lebaran.

Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya meninjau langsung kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang mulai diserbu warga berbelanja jelang lebaran.

Anies menyebut telah terjadi lonjakan yang tidak terduga sehingga protokol kesehatan Covid-19 pun tak maksimal diterapkan pada Sabtu (1/5/2021) kemarin.

Baca juga: Hasil Studi, Cuaca Panas di Khatulistiwa Tekan Risiko Penyebaran Virus Corona

"Memang Pak Dirut Pasar Jaya melaporkan bahwa terjadi lonjakan yang luas biasa hari sabtu kemarin. Hari Jumat dan hari-hari biasanya itu paling sekitar 35 ribu. Kemarin itu 87 ribu orang yang datang. Jadi memang hari kemarin terjadi lonjakan yang tidak terduga," kata Anies usai Upacara Hardiknas di Disdik DKI, Jakarta, Minggu (5/2/2021).

Anies mengakui pihaknya tidak menyangka Pasar Tanah Abang akan diserbu pembeli sebanyak itu pada ramadan tahun ini. "Kami sama sekali tidak terprediksi kemarin muncul angka dua kali lipat dari biasanya," ucapnya.

Anies mengimbau bagi warga yang ingin belanja lebaran ke Tanah Abang agar menahan diri menunggu waktu sepi sehingga potensi penularan tidak terjadi. "Kalau datang ke sebuah tempat Nampak sudah penuh, jangan masuk, Nampak sudah lebih dari 50 persen, jangan masuk," imbaunya.

Sumber : Suara.com