Danone Specialized Nutrition Rayakan Hari Bumi dengan Tanam 5000 Pohon

Kegiatan penanaman pohon oleh Danone. - Ist
23 April 2021 06:47 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, KLATEN--Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) memperingati Hari Bumi yang dirayakan setiap 22 April dengan menanam pohon mangga bersama pemangku kepentingan di Kemudo, Kecamatan Prambanan. Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian penyerahan bibit tanaman kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah X. Misbakhul Munir, S.Hut, Msi yang menyerahkan penghargaan bagi Sarihusada atas dukungannya terhadap rehabilitasi hutan dan lahan melalui bantuan bibit kehutanan kepada Kepala Pabrik Sarihusada Prambanan, Joko Yulianto.

Sarihusada telah membagikan lebih dari 5000 bibit buah-buahan untuk diserahkan dan dikelola oleh Kelompok Tani Hutan Kecamatan Bayat dan masyarakat di Kecamatan Prambanan. Pembagian dan penanaman bibit telah dimulai Februari lalu saat curah hujan memadai bagi bibit untuk tumbuh. Tercatat sejumlah 8 Kelompok Tani Hutan (KTH) yang mengelola bibit ini tersebar di 2 kecamatan yaitu Babat dan Prambanan.

Jenis bibit buah yang dibagikan diantaranya Mangga, Jambu Kristal, Pete, dan Alpukat. Sedangkan untuk bibit pohon meliputi Sengon, Mahoni dan Beringin. Tanaman buah nantinya bisa dikonsumsi untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi serta memberikan manfaat kesehatan, sementara tanaman pohon dapat digunakan sebagai peneduh budidaya dibawahnya. Diharapkan selain memiliki fungsi ekologis, tanaman tersebut juga bisa memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat yang menjaga dan mengelolanya di sepanjang Daerah Aliran Sungai.

Operation Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Azmin Hasmat dalam sambutan virtualnya menyatakan bahwa aksi ini merupakan wujud komitmen Sarihusada untuk menjaga kelestarian sumber daya air dan tetap memberikan manfaat kepada masyarakat, “Dengan mengusung visi 'One Planet. One Health', kami berkomitmen membantu melestarikan dan memulihkan ekosistem, mengelola siklus air secara efisien, dan menyediakan akses air bersih, di Daerah Aliran Sungai (DAS) dimana kita beroperasi, sembari mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi masyarakat; karena kita percaya bahwa kesehatan planet bumi dan kesehatan kita semua saling berhubungan”, tegasnya.

“Sebagai bagian dari setiap rencana pengelolaan Daerah Aliran Sungai, kami selalu bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan tata kelola yang efektif. Kita juga berkolaborasi dengan pihak-pihak lainnya untuk mengembangkan metodologi yang dapat mengukur dan memantau kualitas dan kuantitas air, serta manfaat keanekaragaman hayati untuk kesehatan bumi dan manusia”, kata Azmin.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Tengah, Misbakhul Munir, S.Hut, MSi mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Sarihusada. “Hari Bumi menjadi penanda bagi semua untuk lebih menyayangi bumi, menjaganya tetap lestari perlu kerjasama semua pihak, semoga ini bisa membangun kesadaran publik tentang pentingnya melestarikan sumber daya air”, ujar Munir.

Selain mengawali penanaman pohon dengan pendekatan DAS di Jawa Tengah, Danone SN Indonesia melalui Sarihusada juga telah mengembangkan Taman Kehati Eroniti di Gunung Kidul bersama Institut Pertanian STIPER (INSTIPER) Yogyakarta.

Sedangkan melalui Nutricia, Danone SN Indonesia juga membangun Taman Hati Telaga Inspirasi bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Desa Babakan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Upaya-upaya diatas adalah bentuk aksi kolektif untuk menghadapi tantangan lingkungan saat ini.