PKS Siapkan Kader di Pemilihan Wali Kota Jogja 2024

Pembentukan ragam komunitas di internal PKS, Minggu (11/4/2021). - Ist/pks.
12 April 2021 07:47 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah partai mulai memanaskan mesin politiknya guna menyongsong hajatan Pemilihan Wali Kota Jogja yang rencananya digelar 2024 mendatang. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Jogja misalnya mengumpulkan kader-kader sekaligus merangkul masyarakat umum dalam beragam wadah komunitas.

Langkah ini diakui sebagai salah satu upaya untuk membantu masyarakat sekaligus meraih simpati t guna mendapatkan dukungan politik. Terdekatnya, adalah hajatan Pemilu 2024 dan Pilkada serentak 2024.

BACA JUGA : Haryadi Suyuti Pastikan Istrinya Tidak Bakal Maju Pilkada

“Posisi PKS Kota Jogja sebagai pemenang pemilu nomor empat, maka secara faktual kami punya tanggungjawab moral untuk mempersiapkan kader terbaik kami untuk menjadi bagian dari pilkada kota Jogja,” kata Ketua DPD PKS Kota Jogja, Nasrul Khoiri kepada wartawan di sela-sela pelaksanaan Rakerda PKS Kota Jogja, Minggu (12/4/2021).

Harapan terbesar PKS tentunya menempatkan kadernya untuk duduk di Calon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota. Tetapi, bukan perkara mudah, mengingat selama ini PKS jarang berhasil menempatkan kadernya dalam Pilkada, seperti hajatan di Gunungkidul, Sleman dan Bantul pada Pilkada 2020. Tak terkecuali pada hajatan Pemilihan Wali Kota Jogja pada tahun sebelumnya juga PKS belum menampilkan kadernya sebagai kontestan.

“Ikhtiar dan hasil adalah dua hal berbeda. Kami memang di kota memang belum pernah berhasil mendudukan kader sebagai calon wali atau wakil. Tapi, ihtiar selalu kami lakukan, meski hasilnya belum tercapai. Nah, di pemilukada nanti termasuk kita akan melakukan ihtiar yang sama,” katanya.

Tetapi Nasrul Khoiri optimistis mampu menempatkan kadernya pada hajatan demokrasi pada 2024 karena saat ini calon tersebut masih diuji kompetensinya. “[Persiapan kader] Proses di internal sudah, tetapi belum dilaunching di publik. Sudah ada pembahasan di kader dan pada saatnya akan kami launching. Kami menyicil komitmen dulu sekarang. Karena harus diuji dulu juga di lapangan,” ucapnya.

BACA JUGA : Usung Heroe di Pilkada 2024, PAN Kota Jogja Siapkan

Ia menambahkan target peningkatkan capaian pemilu pada pemilu 2024 sejumlah 39.000 suara atau senilai 7 kursi DPRD Kota Jogja. Kadernya mulai memperkuat jaringan di tengah masyarakat dengan ragam aktivitas dan bentuk kegiatan produktif yang menguatkan sendi-sendi sosial kemasyarakatan.

Adapun ppenguatan jaringan itu dilakukan dengan pembentukan berbagai macam komunitas pengabdian dan pelayanan. Mulai dari UMKM, donor plasma penyintas Covid 19, komunitas gotong royong, relawan tanggap bencana, konseling keluarga dan pemberdayaan perempuan hingga komunitas kewirausahaan di kalangan pemuda.