Viral Imbauan Kepala BKPM Soal Politik Uang di Bursa Ketua Kadin

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
30 Maret 2021 16:17 WIB Hadijah Alaydrus & Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemilihan Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) periode 2021-2026 memunculkan dua nama calon, yaitu Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie.

Baik Anindya Bakrie yang Akrab dipanggil Anin dan Arsjad telah bersafari ke Kadin daerah serta sowan ke sejumlah tokoh, serta mengalang dukungan dari berbagai kalangan.

Arsjad diketahui memperoleh deklarasi dukungan dari dua pejabat di Kabinet Indonesia Maju: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

BACA JUGA : Kadin Fokus Gerakkan Sektor UMKM Hadapi Pandemi Covid 

Ada hal yang menarik dalam pidato Kepala BKPM dalam deklarasi untuk Arsjad pada 26 Maret 2021. Bahlil meminta para anggota memanfaatkan momen ini. Bahlil mengakui kedua calon tersebut adalah temannya. Mereka juga konglomerat. Pemilihan ini harus menjadi pesta bagi kader Kadin di daerah.
 
“Jadi teman-teman daerah, mainkan dulu ini barang. Jangan kasih gratis ini barang,” katanya dalam akun YouTube Arsjad terkait acara deklarasinya.
 
Bahlil menjelaskan bahwa jika kader daerah mengambil uang dari keduanya, tidak apa-apa. Menurutnya itu halal. “Ambil uang saja belum tentu memilih. Apalagi tidak kasih duit. Lebih tidak pilih lagi saya yakin,” jelasnya.
 
Pada acara itu, Bahlil secara jelas mendukung Arsjad. Mengaku kenal sejak acara pemilihan presiden lalu, Kepala BKPM merasa sudah akrab dengan Arsjad.

BACA JUGA : GKR Mangkubumi: Kadin Harus Mendukung UMKM untuk
 
Sementara itu, kini berdasarkan Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja investor akan mendapat izin jika berkolaborasi dengan pengusaha nasional dan UMKM. Jika tidak melakukan itu, izin tidak akan keluar.
 
“Itu [izin] bisa diberikan dengan rekomendasi dari asosiasi atau Kadin. Nah, teman-teman harus pintar memilih calon ketua umum Kadin yang baik dengan pemerintah,” ucapnya.
 
Saat dikonfirmasi mengenai acara itu dan maksud pernyataanya, Bahlil hanya membaca pesan instan yang dikirim Bisnis.

Video pidato Bahlil ini tersebar di Twitter. Akun @Suka_Politik membagikan video ini dengan tulisan 'Saat Kepala BKPM Ngajari Cara Politik Uang'. Video ini dikomentari oleh berbagai akun.

Dikutip dari laman Twitter, @Ronnie_Rusli menulis: "Ka BKPM Bahlul ngajarin bisnis, seperti jualan grosir kain di Pasar Tanah Abang."

"Inilah sample hasil revolusi mental, @KPK_RI banyak job tuh," tulis akun @falsindoc08.

BACA JUGA : PILKADA JOGJA : Ketua Kadin Pilih Wakil Walikota Bukan

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia