Penerima Vaksin Covid di Indonesia Sudah 10 Juta

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden
26 Maret 2021 18:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) menyatakan  vaksinasi Covid-19 nasional berjalan sesuai rencana.

Hingga Jumat (26/3/2021), sebanyak 10 juta penduduk telah disuntik vaksin. Kecepatan harian vaksinasi mencapai 500.000 penyuntikkan.

“Sehingga diharapkan di bulan Maret dan April [2021] saat ketersediaan vaksin adalah 15 juta [dosis] per bulan, sudah sesuai kecepatan penyuntikkannya,” kata Menkes dalam konferensi pers, Jumat (26/3/2022).

Namun, BGS memberikan sedikit catatan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ketersediaan vaksin Covid-19 di Tanah Air, karena beberapa negara, telah terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 sehingga mulai terjadi embargo vaksin.

“Sehingga kemungkinan itu bisa mengganggu kedatangan vaksin atau ketersediaan vaksin beberapa bulan kedepan, terutama yang berasal dari negara yang melakukan embargo sehingga kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan vaksinnya agar tidak ada kekosongan vaksin nantinya,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda, Presiden Jokowi justru menyampaikan bahwa pada Juli atau Agustus 2021, Indonesia mampu mendatangkan hingga 60 juta dosis vaksin setiap bulannya.

Hal itu dilakukan untuk mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 nasional agar segera terbentuk kekebalan komunal atau herd immunity.

Untuk mencapai herd immunity, pemerintah menargetkan akan memberikan vaksinasi kepada 181,5 juta orang atau 70 persen dari total penduduk Indonesia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia