Lukisan Terbesar di Dunia Ini Terjual Rp899 Miliar, Ukurannya Lebih dari 5.000 Meter

The Journey of Humanity
25 Maret 2021 23:57 WIB Nirmala Aninda News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Berukuran 17.000 kaki persegi atau sekitar 5.181 meter persegi. Lukisan Sacha Jafri bertajuk The Journey of Humanity (2020), adalah lukisan terbesar di dunia, yang disertifikasi oleh Guinness Book of World Records.

Lukisan yang menampilkan abstraksi dan harmoni tetesan, lingkaran, dan percikan berbagai warna itu terjual melalui sebuah lelang di Dubai.

Pada Selasa (23/3), The Journey of Humanity terjual seharga US$62 juta atau sekitat Rp899 miliar (kurs Rp14.500) pada lelang yang diadakan di Atlantis, The Palm hotel.

Dilansir melalui Art News, penjualan tersebut menempatkannya di antara karya seni termahal oleh seniman yang masih hidup yang pernah dijual melalui lelang.

Harganya yang fantastis tidak jauh di belakang karya NFT Beeple senilai US$69 juta yang dijual di Christie's awal bulan ini.

Rencana Jafri awalnya adalah memotong lukisan itu dan menjualnya dalam 60 segmen untuk mengumpulkan US$30 juta guna mendukung "kesetaraan digital global".

Lukisan-lukisan itu rencananya akan dijual dalam empat lelang berbeda.

Tetapi karya itu akhirnya dijual sebagai satu kesatuan, dan kini menjadi milik Andre Abdoune, CEO Altius Gestion International Holding, menurut Emirat National.

Hasil dari penjualan ini akan diberikan ke berbagai organisasi, termasuk UNICEF, UNESCO, Kementerian Pendidikan U.A.E., dan Global Gift Foundation.

Jafri, yang sebelumnya tidak terlalu banyak aktif pada kegiatan lelang, melukis The Journey of Humanity selama beberapa bulan, sepanjang tahun lalu di Atlantis.

Lukisan di atas kanvas itu mencakup lebih dari 300 lapisan cat dan berukuran dua lapangan sepak bola.

Dia sebelumnya telah menjual banyak karya seninya untuk kepentingan organisasi amal, dengan aktris Eva Longoria, musisi Paul McCartney, dan mantan Presiden AS Barack Obama sebagai beberapa orang di antara para pembeli karyanya.

Sumber : Bisnis.com