Advertisement

Ikan Segar Dicek Suhu? Ini Manfaatnya..

Sunartono
Selasa, 23 Maret 2021 - 04:57 WIB
Sunartono
Ikan Segar Dicek Suhu? Ini Manfaatnya.. Pengecekan suhu ikan segar di Pasar Ikan Depok. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) DIY melakukan pengecekan di sejumlah pasar untuk memastikan kualitas ikan segar. Salah satunya mengecek suhu ikan untuk melihat penanganan ikan yang tepat dilakukan oleh pedagang.

Kasubsi Pengawasan, Pengendalian, dan Informasi BKIPM DIY Haryanto menjelaskan pengecekan dilakukan di sejumlah pasar, salah satunya Pasar Ikan Depok pada Selasa (16/3/2021). Pengujian sampel ikan dilakukan untuk melihat kemungkinan adanya kandungan zat berbahaya. Selain itu dilakukan pengecekan suhu ikan. Adapun jenis ikan yang diambil sampel adalah cakalang (histamin), surung, tongkol, udang laut, bawal hitam.

Advertisement

BACA JUGA : Liburan Telah Usai, Harga Ikan di Pantai Depok Turun

“Pengecekan suhu ikan ini termasuk penting dan memiliki manfaat karena untuk melihat bagaimana pedagang penanganan ikan bagus atau tidaknya,” ungkap dia dalam rilisnya, Senin (22/3/2021).

Ia mengatakan suhu yang tepat untuk penyimpanan ikan segar adalah maksimal 5 derajat celcius. Karena dengan suhu di bawah 5 derajat celcius akan menghambat pertumbuhan bakteri. Jika penyimpanan dengan suhu di atas 5 derajat celcius akan mempercepat pertumbuhan bakteri patogen seperti salmonella spp, e. Coli, clostridium botulinum, staphylococus aureus, literia monocytogenes dan bakteri vibrio parahaemolyticus. Hal ini tentu berbahaya jika dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kalau disimpan di atas ketentuan lima derajat itu maka ikan akan mengalami kerusakan atau cepat membusuk karena bakteri lebih cepat tumbuh, ini yang kami berusaha edukasi ke pedagang,” ujarnya.

BACA JUGA : Pemasaran Ikan Macet, Pembudidaya di Sleman Dibantu Jual

Bagi pedagang yang kedapatan suhu ikan di atas 5 derajat celcius, kata dia, maka diberikan pembinaan dengan diminta menambah volume es di dalam penyimpanan. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari keracunan produk perikanan karena pencemaran bakteri antara lain memilih ikan segar, membersihkan isi perut dan insang, memasukkan ke dalam kulkas pada suhu pembekuan.

“Selain itu jika mengolah disarankan pada api yang panas agar jika ada bakteri bisa mati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement