Hasil Survei: 72,6 Responden Yakin dengan Kinerja Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo memperkenalkan enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju - Dok: Setpres RI
22 Maret 2021 05:17 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -Sebuah survei baru-baru ini memetakan bagaimana dukungan publik terhadap Kabinet Indonesia Maju.

Sebanyak 72,6 persen anak muda yakin atas reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir tahun lalu.

“Mayoritas merasa sangat atau cukup yakin, 72,6 persen, dengan kabinet hasil reshuffle,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan laporan hasil survei nasional tentang suara anak muda tentang isu-isu sosial politik bangsa, Minggu (21/3/2021).

Seperti diketahui, pada 23 Desember 2020, Presiden Jokowi melantik enam menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju. Keenam menteri tersebut antara lain adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemudian, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan, dan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Lebih lanjut, hasil lain dari survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa 50,4 persen anak muda atau responden menilai keputusan Kepala Negara melantik Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri adalah tepat.

Kemudian, tercatat 61,1 persen responden meyakini bahwa sang Kapolri baru mampu menjalankan tugas dengan baik.

Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Jokowi pada 27 Januari 2021 untuk menggantikan Kapolri Idham Azis yang telah memasuki masa pensiun.

Sementara itu, survei nasional suara anak muda ini dilaksanakan pada 4—10 Maret 2021, dengan responden muda berusia 17 hingga 21 tahun berjumlah 1.200 responden.

Adapun, metode yang digunakan dalam survei tersebut adalah simple random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber : Bisnis.com