Pelatih Timnas Shin Tae-yong Positif Covid-19, Seperti Ini Kondisinya

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan keterangan mengenai persiapan skuadnya menjelang laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (2/3/2021). - Ist/ Michael Siahaan
20 Maret 2021 15:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- PSSI membenarkan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong positif menderita COVID-19. Kepastian ini berdasarkan hasil tes usap (swab) PCR yang keluar pada Jumat (19/3/2021) malam.

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyebutkan awalnya, pada Kamis (18/3/2021), Shin Tae-yong mengaku tidak enak badan. "Kemudian yang bersangkutan di'swab' PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat malam (19/3/2021)," ujar Yunus, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Menurut Yunus, Shin tidak menunjukkan gejala yang berlebihan dan masih bisa berkoordinasi dengan PSSI.

Baca juga: Lebih dari 100.000 Orang di DIY Telah Disuntik Vaksin

PSSI pun memastikan bahwa para pemain tim nasional persiapan SEA Games 2021, yang menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Shin Tae-yong pada 8 Februari-8 Maret, tidak ada yang tertular virus SARS-CoV-2.

Jadi ketika pemain kita pulangkan ke klub masing-masing pada Senin (8/3), tidak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum pulang mereka sudah di-'swab antigen,’" kata Yunus.

Sementara, dikutip dari Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, Shin sebenarnya sudah merasakan gejala diduga Covid-19 sejak sekitar dua pekan lalu.

Baca juga: Sesalkan Diskriminasi, Menpora Desak All England 2021 Dihentikan

Juru taktik asal Korsel itu sempat demam dan kehilangan selera makan. Shin pun dites Covid-19, baik usap antigen maupun PCR, tetap hasilnya selalu negatif sampai akhirnya dinyatakan positif pada Jumat (19/3/2021) malam.

Yonhap juga menyebut dalam artikelnya, Covid-19 sudah menyebar di Timnas Indonesia sejak awal Maret, diawali dari terinfeksinya pelatih kiper Yoo Jae-hoon dan penerjemah pada 5 Maret lalu pelatih fisik Lee-Jae-hong pada 7 Maret.

Sebagai catatan, pada tanggal 5 dan 7 Maret, timnas Indonesia menjalani laga uji coba masing-masing melawan Tira Persikabo dan Bali United di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, Shin menyatakan kepada Yonhap bahwa semua stafnya kini sudah pulih sepenuhnya dari Covid-19.

"Pelatih yang lain sudah dinyatakan negatif, sembuh dari Covid-19," kata juru taktik timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu.

Sumber : Antara