Advertisement

Pemerintah Yakin Raih 70 Persen Herd Immunity dalam Setahun, Memang Bisa?

Rahmad Fauzan
Selasa, 09 Maret 2021 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Pemerintah Yakin Raih 70 Persen Herd Immunity dalam Setahun, Memang Bisa? Seorang lansia menjalani penyuntikkan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Al Islam, Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/2 - 2021). Selain ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Target pemerintah menyiapkan sejumlah strategi untuk meraih target kekebalan komunitas (herd community) hingga 70 persen dalam setahun ke depan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi mengatakan sejumlah strategi telah disiapkan pemerintah agar jumlah masyarakat yang tervaksinasi pada semester I/2021 bisa mencapai 41 juta orang.

Advertisement

"Sesuai dengan peta jalan yang dibuat pemerintah, target masyarakat yang telah divaksin selama semester I/2021 38 juta + 3 juta orang," ujar Nadia kepada Bisnis-jaringan Harianjogja.com, Selasa (9/3/2021).

Perlu diketahui, pemerintah harus memastikan vaksin bagi sekitar 26 juta orang lagi ke depannya sepanjang semester pertama berjalan. Berdasarkan laporan Kemenkes, jumlah total masyarakat Tanah Air yang sudah divaksinasi hingga hari ini sebanyak 15 juta orang.

Adapun, sejumlah strategi yang telah disiapkan oleh pemerintah untuk mengebut upaya merealisasikan target tercapainya kekebalan komunal melalui program vaksinasi nasional, antara lain memperbanyak layanan kesehatan, membuka vaksinasi massal.

Kemudian, bekerjasama dengan korporasi swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), atau organisasi masyarakat (ormas), serta menambah jumlah vaksinator.

Pada akhir Februari lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini tersedia sekitar 39.000 vaksinator di penjuru negeri. Secara terperinci vaksinator tersebut terbagi menjadi vaksinator sipil mencapai 30.000 orang dan vaksinator gabungan militer dan kepolisian sebanyak 9.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement