Ahli Sebut Virus B117 Asal Inggris, Super Shedder

Mutan Virus corona B.1.1.7
04 Maret 2021 21:07 WIB Janlika Putri Indah Sari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Belum redanya kasus Covid-19 di Indonesia kini virus baru muncul dengan nama Mutasi Virus B117.

Prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM  lewat cuitannya di Twitter mengatakan virus ini berpotensi menularkan ke banyak orang lebih cepat.

"Mutan baru ini menyebabkan shedding virus lebih intens. Artinya produksi jumlah virusnya jauh lebih banyak di saluran napas. Virus B117 ini super shedder, karena virus itu bisa lebih menularkan ke banyak orang," tulisnya (3/3/2021)

Ia juga memperjelas bila bisa semakin membebani kapasitas rumah sakit bila kasusnya semakin bertambah, namun tidak dibenarkan akan menyebabkan kematian yang lebih banyak.

Inggris terbukti efektif menangkal varian tersebut dengan memakai Pfizer. Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah Sinovac bisa menangkal B117.

"Tapi jangan panik. Saya yakin kesadaran masyarakat kita terhadap prokes makin tinggi. Saya optimistis dan tidak bermaksud menebar ketakutan. Saya menyampaikan ini agar kita waspada. Tidak bermaksud bikin takut," tulis ketua satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut pada akhirnya cuitannya.

Sumber : Bisnis.com