Cara Memakai Dua Akun Whatsapp Aktif di Satu Ponsel Android

Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop - JIBI/Bisnis.com/Feni Freycinetia
23 Februari 2021 23:47 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pengguna smartphone Android punya satu keunggulan dibandingkan dengan iPhone, yakni dapat menggunakan dua akun Whatsapp dalam satu gawai. 

Berdasarkan data yang dihimpun JIBI, ada 7 merek Android yang bisa melakukan hal tersebut, yaitu Samsung, Xiaomi, Realme, OnePlus, Asus, Vivo, dan Oppo. Kebanyakan tipe terbaru ponsel Android merek tersebut memilki fitur bawaan untuk menduplikasi aplikasi, sehingga tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Fitur duplikasi itu dapat membuat pengguna memiliki dua aplikasi sama dalam satu smartphone dengan akun yang berbeda. Dengan demikian akun Whatsapp yang telah diduplikasi dapat menggunakan dua nomor yang berbeda. 

Adapun setiap smartphone Android punya nama yang berbeda untuk fitur duplikasi. Berikut nama aplikasi masing-masing smartphone: 

Samsung: Dual Messenger
Xiaomi: Dual Apps
Realme: Clone Apps
OnePlus: Parallel Apps
Oppo: Clone Apps
Vivo: App Clone
Asus: Twins Apps.

Setelah menemukan aplikasi terseubt di ponsel Android yang Anda gunakan, Anda tinggal melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengaktifkannya. 

Dalam beberapa tipe ponsel, fitur duplikasi ini dapat diakses dengan menekan aplikasi yang hendak digandakan selama beberapa detik. Kemudian akan muncul pilihan untuk membuat aplikasi kembarannya.

Namun bila cara tersebut tidak bisa dilakukan di smartphone Android Anda, berikut caranya untuk setiap merek:

Samsung

Bila Samsung Anda telah menggunakan tampilan muka One UI, perangkat ini mungkin akan bertanya apakah akan menggunakan akun Whatsapp kedua ketika Anda menginstall aplikasi. Jika tidak, Anda hanya perlu ke Setting lalu klik Advance Features kemudian Dual Messenger.

Xiaomi

Pada Xiaomi kamu hanya perlu ke Setting kemudian klik 'Dual Apps'.

Oppo

Masuk ke Setting kemudian pilih 'Clone Apps'.

Vivo

Masuk ke Setting, lalu click Apps Clone.

Setelah Anda akan memiliki dua aplikasi Whatsapp dalam satu smartphone, selanjutnya adalah log in dengan nomor yang Anda inginkan pada aplikasi Whatsapp kedua Anda. 

Kemudian Anda hanya perlu mengikuti langkah untuk mendaftar atau masuk ke dalam akun WhatsApp. Setelah semuanya selesai, Anda memiliki dua akun Whatsapp aktif dalam satu smartphone Android. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia