Pemerintah Akan Angkat 1 Juta Guru Honorer Menjadi PPPK

Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional VII Palembang, Sumatera Selatan, Senin (27/1/2020). - Antara/Nova Wahyudi
17 Februari 2021 13:57 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah berencana membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun ini.

Tak tanggung-tangggung, formasi CPNS dan PPPK 2021 yang siap diperebutkan mencapai 1,3 juta. Informasi tersebut diunggah oleh akun Twitter Indonesia Baik @IndonesiaBaikID dalam format video singkat.

"Secara total, pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN [apartur sipil negara] sekitar 1,3 juta yang terbagi dari berbagai formasi," tulis akun Twitter @IndonesiaBaikID seperti dikutip, Rabu (17/2/2021).

Seleksi ASN 2021 akan terbagi menjadi dua posisi, yaitu CPNS dan PPPK. Ada tiga formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS dan PPPK 2021.

Pertama, sebanyak 1 juta tenaga formasi guru akan diseleksi melalui jalur PPPK. Seleksi digelar untuk menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru yang saat ini diisi oleh tenaga honorer.

"Kemendikbud memastikan semua guru honorer di Indonesia dapat mengikuti seleksi PPPK 2021," tulis @IndonesiaBaikID.

Kedua, Pemda atau Pemerintah Daerah akan membuka 70.000 jabatan fungsional PPPK dan 119.000 CPNS jabatan teknis. Formasi tersebut sudah termasuk tenaga kesehatan yang kehadirannya sangat dibutuhkan untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Ketiga, formasi CPNS 2021 untuk pemerintah pusat ditetapkan 83.000 orang.

"Formasi tersebut terbagi imbang untuk CPNS dan PPPK masing-masing 50 persen," tulis @IndonesiaBaikID.

Rencana penetapan rincian formasi beserta nama instansi yang ikut serta dalam seleksi CPNS dan PPPK 2021 akan diumumkan pada Maret atau bulan depan.

Sementara itu, pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 direncanakan berlangsung April-Mei. Adapun, tahap seleksi akan dimulai Juni 2021

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia