Advertisement

Dokter Perempuan Indonesia Pertama, Marie Thomas Masuk Google Doodle

Novita Sari Simamora
Rabu, 17 Februari 2021 - 14:07 WIB
Sunartono
Dokter Perempuan Indonesia Pertama, Marie Thomas Masuk Google Doodle Marie Thomas menjadi dokter perempuan pertama di Indonesia. - tangkapan layar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Marie Thomas adalah dokter asal Indonesia yang lahir di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896. Marie Thomas menjadi perempuan pertama yang  menjadi dokter dari Indonesia. Dia lulus dari Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) pada 1922.

Lalu, Marie menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi dan adalah dokter Indonesia pertama yang menjadi spesialis dalam bidang ini. Dia juga mendirikan sebuah sekolah kebidanan di Bukittinggi.

Advertisement

BACA JUGA : GKR Mangkubumi Raih Penghargaan Puan Nusantara Utama 

Awalnya, STOVIA sempat menolak Marie Thomas sebagai mahasiswa perempuan, tetapi kebijakan tersebut berubah sebagian besar karena usaha Aletta Jacobs (dokter wanita pertama di Belanda). Ketika Jacobs mengunjungi Hindia Belanda pada tahun 1911, dia mendesak masalah ini kepada Gubernur-Jenderal A.W.F. Idenburg.

Setelah kemudian wanita diizinkan untuk mendaftar ke STOVIA, terdapat sebuah kendala baru yaitu mereka tidak bisa dipekerjakan oleh Layanan Kesehatan Sipil (Burgerlijke geneeskundige dienst) dan oleh karena itu mereka harus membayar studi mereka sendiri di STOVIA.

Untuk mengatasi masalah ini, saudara perempuan Aletta yaitu Charlotte Jacobs (wanita pertama yang memperoleh gelar dalam bidang farmakologi di Belanda), membantu mendirikan sebuah yayasan untuk mengumpulkan dana bagi siswa perempuan yang belajar STOVIA.

Mengutip dari Wikipedia, yayasan ini didirikan pada 1 September 1912 dengan bantuan Marie van Zeggelen dan Elisabeth van Deventer.

BACA JUGA : Sleman Raih Penghargaan Pemberdayaan

Yayasan yang mereka bentuk bernama Perkumpulan untuk Membentuk Dana Studi untuk Pendidikan Dokter Hindia Wanita (SOVIA atau Vereeniging tot Vorming van een Studiefonds voor Opleiding van Vrouwelijke Inlandsche Artsen).Marie mulai belajar di STOVIA pada bulan September 1912 dan ia didukung oleh yayasan SOVIA.

dokter marie thomas doodle google hari ini

Pada saat pendaftarannya, Marie adalah satu-satunya siswa perempuan di antara sekitar 200 siswa laki-laki. Hanya dua tahun kemudian barulah sekolahnya menerima siswa perempuan kedua yang bernama Anna Warouw yang juga berasal dari daerah Minahasa.

Dokter Marie Thomas menyelesaikan studinya di STOVIA pada tahun 1922 dan ia diakui sebagai lulusan wanita pertama STOVIA. Dia kemudian memulai prakteknya di rumah sakit utama di Batavia bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) atau sekarang Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo.

Dia kemudian bekerja di Medan, Manado, dan kembali ke Batavia dan bekerja di Rumah Sakit Budi Kemuliaan yang didirikan oleh yayasan SOVIA. Marie sempat menjadi asisten Nicolaas Boerma, seorang dokter Belanda yang spesialisasi dalam bidang obstetri. Dia adalah salah satu dokter pertama di Indonesia yang memakai alat pengaturan kelahiran dan intrauterine device.

BACA JUGA : Peringati HPN 2021, Sukarelawan Hingga Wabup Peroleh

Dokter Marie Thomas meninggal di Bukittinggi, Sumatra Barat, pada 10 Oktober 1966. Tutup usia pada umur 70 tahun dan  dinobatkan menjadi dokter perempuan pertama di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Padat Karya, Pemkab Bantul Sediakan Bantuan Keuangan Khusus Rp32 Miliar

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement