Advertisement

Beredar, 4 Nama Jenderal Bintang Dua Calon Kabareskrim Polri

Newswire
Sabtu, 30 Januari 2021 - 20:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Beredar, 4 Nama Jenderal Bintang Dua Calon Kabareskrim Polri Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyyah Al Misbar, Dusun Karang Nongko, Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Selasa (1/12/2020). - Antara\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh berharap Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri yang baru dapat sejalan dengan visi misi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Saya berharap siapa pun yang akan mengisi pos tersebut adalah orang yang sejalan dengan Kapolri serta memiliki integritas dan kapasitas yang baik serta berkomitmen untuk menjalankan visi misi yang sudah disampaikan Kapolri," ujar Pangeran dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Advertisement

Kursi jabatan Kabareskrim saat ini kosong usai Listyo Sigit dilantik sebagai kapolri. Beredar sejumlah nama yang diprediksi akan mengisi posisi tersebut.

Pangeran mengatakan, setidaknya ada empat nama yang muncul ke permukaan, yakni Wakil Kabareskrim Polri Irjen Pol Wahyu Hadiningrat, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Menurut Pangeran, nama-bama tersebut merupakan sosok anggota kepolisian yang berprestasi dan memiliki rekam jejak yang baik.

"(Mereka) memenuhi kepangkatan sebagai calon Kabareskrim, serta di antaranya ada yang memperoleh Adi Makayasa sebagai lulusan terbaik saat di Akpol dan hampir seluruhnya pernah menduduki beberapa jabatan kapolda," ucap dia.

Dia menyebut, bahwa sesuai mekanisme, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang akan menggodok nama-nama calon kabareskrim untuk selanjutnya diberikan kepada kapolri.

"Sepenuhnya menjadi kewenangan Kapolri untuk menetapkan siapa yang menduduki pos tersebut," kata dia.

Pangeran pun berharap pos jabatan Kabareskrim dapat segera terisi agar kinerja kepolisian sebagai pengayom dan pelindung masyarakat serta pemelihara keamanan dan ketertiban dapat terjaga dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement