Advertisement

Duh, Daerah Berstatus Zona Oranye Covid-19 Naik, Satgas: Jangan Lengah!

Fitri Sartina Dewi
Jum'at, 29 Januari 2021 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Duh, Daerah Berstatus Zona Oranye Covid-19 Naik, Satgas: Jangan Lengah! Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat jumlah zona oranye atau risiko sedang Covid-19 per 24 Januari 2021 mencapai 347 kabupaten/kota atau meningkat jika dibandingkan pekan sebelumnya yaitu 363 kabupaten/kota.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan peningkatan zona oranye ini terjadi karena ada pergeseran status daerah dari zona merah ke zona oranye yaitu dari 108 kabupaten/kota menjadi 92 kabupaten/kota.

Advertisement

Penurunan zona merah ini tidak seperti yang diharapkan. Dikarenakan penurunan minggu ini tidak dibarengi perpindahan kabupaten/kota dari zona oranye ke zona kuning atau risiko rendah, bahkan berpindah ke zona hijau tidak ada kasus baru atau tidak terdampak.

Baca juga: Sultan Sebut Kondisi Penerima Vaksin Covid-19 di DIY Tak Ada yang Sakit

"Hal ini sangat disayangkan. Jika kabupaten/kota di zona oranye lengah, maka dimungkinkan dapat berpindah ke zona merah," kata Wiku dalam keterangan pers, Kamis (28/1/2021).
 
Terkait perkembangan pada zona kuning, minggu ini jumlahnya berkurang dari 45 menjadi 44 kabupaten/kota. Pada zona hijau yang tidak ada kasus baru jumlahnya meningkat tipis dari 10 menjadi 11 kabupaten/kota. Adapun, zona hijau yang tidak terdampak, jumlahnya tetap yaitu 4 kabupaten/kota. 

Meski demikian, Wiku mengatakan perkembangan minggu ini harus dijadikan motivasi bagi daerah-daerah agar pekan depan bergeser ke zona yang lebih aman, arena berada di zona risiko sedang bukanlah zona aman. 

"Segera lakukan penanganan Covid-19, dan penegakan disiplin terkait penegakan protokol kesehatan secara  serius dan konsisten," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement