Pakai Masker Ganda Lebih Efektif Lawan Virus Corona?

Tata cara memakai masker baik dan benar - Freepik
15 Januari 2021 13:07 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Masker berfungsi sebagai bentuk perlindungan terbaik terhadap virus corona dan kuman pernapasan yang mudah menular lainnya.

Ada cukup banyak penelitian yang membuktikan bahwa menggunakan masker tidak hanya melindungi penyebaran kuman dari orang yang terinfeksi, tetapi juga melindungi orang sehat agar tidak tertular.

Mempertimbangkan keefektifannya, ada juga tren aneh dimana orang memakai masker ganda atau tiga kali lipat.

Di negara-negara seperti Amerika Serikat, di mana kasus terus meningkat, tren memakai masker ganda dengan cepat menjadi populer. Presiden terpilih Joe Biden, olahragawan dan banyak pakar terlihat mengenakannya. Banyak orang di India, terutama yang menggunakan masker buatan sendiri, memilih menggunakan cara ini sebagai cara untuk melindungi diri mereka sendiri.

Namun, pertanyaan utamanya apakah menggunakan lebih dari satu masker membantu melindungi dari virus corona baru?

Dari perspektif medis, menggunakan lebih dari satu masker berfungsi untuk menciptakan penghalang yang lebih kaku bagi kuman dan virus untuk masuk. Ini juga lebih baik dalam mencegah penyebaran virus, jika Anda adalah pembawa infeksi.

Namun, beberapa ahli, sebaliknya, menyarankan bahwa memakai masker ganda dapat menyebabkan tetesan pernapasan 'terjebak' di antara dua lapisan.

Mengenakan lebih dari satu masker juga berarti bahwa pemakai harus rajin membersihkan dan menyanitasi masker.

Pedoman kesehatan saat ini menyarankan agar orang memilih masker yang mengandung setidaknya 2-3 lapis kain.

Kedua, yang perlu diketahui adalah bahwa memakai masker tambahan bisa membuat Anda tercekik.

Selama Anda memakai masker berkualitas baik yang terdiri dari beberapa lapisan dan cocok untuk Anda, tidak perlu menggunakan masker tambahan. 

Satu-satunya orang yang harus memakai masker ganda adalah yang berada di tempat berisiko tinggi seperti petugas kesehatan yang menghadapi paparan tinggi atau jika Anda mengalami kesulitan menemukan masker berkualitas baik..

Apa yang dapat Anda lakukan agar masker Anda efektif digunakan?

Seperti yang ditunjukkan oleh banyak ahli sekarang, bagi orang yang masih tertarik untuk menggandakan masker, alternatif yang baik untuk dipilih adalah dengan menambahkan lapisan luar seperti jaring ke kain atau masker buatan sendiri, yang akan membantu membuat segel 'lebih rapat' untuk berhenti.

Kuncinya adalah memilih topeng multi-lapisan, daripada memakai masker ganda.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia