Advertisement

Bagaimana Penanganan Covid-19 Tahun Depan? Ini Kata Prof Wiku

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 31 Desember 2020 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Bagaimana Penanganan Covid-19 Tahun Depan? Ini Kata Prof Wiku Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito (kanan) dan Tim Komunikasi Satgas Penanggulangan Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Jumat (24/7/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA -- Tahun 2020 akan berakhir dalam beberapa saat lagi. Ini menjadi tahun yang berat karena aktivitas seluruh masyarakat di dunia terbatasi karena Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan pencegahan penyebaran melalui berbagai kebijakan.

Advertisement

“Ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah dalam menangani Covid-19. Tentu upaya ini masih terus berjalan sampai Covid-19 benar-benar hilang,” katanya melalui konferensi pers virtual, Kamis (31/12/2020).

Wiku menjelaskan bahwa meski berbagai kegiatan terbatas sejak Maret lalu, tahun depan masyarakat tidak boleh pesimistis. Publik harus yakin Covid-19 bisa hilang.

“Dengan semakin patuh masyarakat pada protokol kesehatan dan pemenuhan perlindungan dengan vaksinasi, harapan masyarakat untuk kembali normal bisa bertahap dan produktif lagi di 2021,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Imunisasi Dewasa, Samsuridjal Djauzi mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang tengah diuji efektivitas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini boleh digunakan apabila efektivitasnya di atas 50 persen. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Meski saat ini muncul mutasi virus Covid-19 yang lebih ganas dari sebelumnya, Samsuridjal yakin bahwa vaksin yang ada masih efektif untuk melawannya.

“Setiap virus bermutasi itu hal yang alamiah. Sementara ini pakar berpendapat bahwa tes PCR kita tidak terganggu dan vaksin yang digunakan tetap efektif terhadap mutasi yang baru tersebut, tapi pemantauan tetap dilakukan WHO,” jelasnya, Rabu (30/12/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement