Antisipasi Lonjakan Covid-19 Libur Nataru, Menkes Pastikan Faskes Siap

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada Rakorpim di Kemenkes, Rabu, 23 Desember 2020 / Dok. Kemenkes
26 Desember 2020 16:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan kesiapan fasilitas layanan kesehatan terjamin jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 setelah masa libur panjang Natal dan Tahun Baru.

''Mengingat setelah libur panjang ada kenaikan kasus berkisar antara 20-40 persen. Jadi saya ingin memastikan tempat tidur siap, ICU siap, tenaga kesehatan siap, APD siap dan obat-obatannya juga siap,'' katanya seperti dikutip dari laman Kemenkes, Jumat (25/12/2020).

Lebih lanjut, Kemenkes juga telah menyiapkan sejumlah strategi antara lain optimalisasi tempat tidur milik RSUD dan RS swasta, penambahan tempat tidur khusus Covid-19 di RS non RSUD, penambahan RS rujukan baru, penambahan 740 tempat tidur baru untuk di ruang ICU, isolasi di RS vertikal Kemenkes, dan penataan kembali sistem rujukan layanan kesehatan Covid -19, serta beberapa upaya lainnya.

Menkes juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menyediakan anggaran bagi RS untuk pengadaan obat, alat kesehatan dan APD di mana obat-obatan telah disalurkan kepada 34 dinas kesehatan provinsi dan 852 RS.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya kesehatan seluruh nakes terlindungi dan tertangani dengan baik, mulai dari asupan gizi sampai memastikan Nakes tidak kelelahan.

''Tenaga kesehatan adalah garda terdepan yang saya ingin pastikan kita maksimalkan perlindungan yang bisa kita berikan kepada mereka. Menurut saya sudah terlalu banyak kita kehilangan tenaga kesehatan dan adalah kewajiban kita untuk melindungi mereka,” ungkapnya.

Adapun, Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan tambahan kasus positif virus Corona mencapai 6.740 orang per hari ini, Sabtu (26/12/2020). Dengan demikian total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 706.837 orang.

Pada saat yang sama, penambahan kasus sembuh mencapai 6.389 orang sehingga secara akumulasi mencapai 576.693 pasien yang telah sembuh dari Covid-19.

Penambahan kasus kematian akibat wabah virus Corona pada hari ini mencapai 147 orang. Dengan begitu, total kasus kematian akibat wabah ini mencapai 20.994 orang pada hari ini.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia