PDIP Klaim Menangi Pilkada 11 Daerah di Jatim

Calon kepala daerah asal PDI Perjuangan. - Antara
11 Desember 2020 07:27 WIB Peni Widarti News Share :

Harianjogja.com, SURABAYA--Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim telah memenangkan suara di 11 daerah di Jawa Timur ada Pilkada Serentak 2020.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi dalam siaran persnya yang dikutip Kamis (10/12/2020) itu menyatakan kemenangannya di 11 daerah tersebut berdasarkan hasil quick count internal dan eksternal, bahkan mampu meraih kemenangan di daerah yang sebelumnya dipimpin oleh kepala daerah yang bukan berasal dari PDIP.

“Paslon kita unggul di 11 kabupaten/kota, yang lainnya, hasil suaranya masih dihimpun,” katanya.

BACA JUGA : Menang di 7 Kapanewon, Sutrisna-Ardi Klaim Menangi

Kusnadi mencontohkan daerah yang dimenangkan oleh partai berlambang banteng moncong putih itu adalah Kota Surabaya dengan jagoannya nomor 01 Eri Cahyadi - Armuji (unggul 57,5 persen), disusul Kabupaten Kediri paslon Hanindito Himawan Pramana - Dewi Mariya Ulfa (76,8 persen), lalu Ngawi dengan paslon Ony Anwar Harsono - Dwi Rianto Jatmiko (94,3 persen).

Begitu juga dengan Trenggalek paslon Mochamad Arifin - Syah Muhamad Natanegara menang 65,7 persen, disusul Banyuwangi dengan paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas - Sugirah (51,2 persen).

Selain itu, lanjut Kusnadi, ada Ponorogo dengan jagoan paslon Sugiri Sancoko - Lisdyarita (62,1 persen), Kabupaten Malang dengan paslon Sanusi - Didik Gatot Subroto (45,2 persen), Sumenep dengan paslon Achmad Fauzi - Dewi Khalifah (52,1 persen), Gresik dengan paslon Fandi Akmad Yani - Aminatun Habibah (51,1 persen).

BACA JUGA : Pilkada Bantul: Halim-Joko Klaim Menang, Suharsono-Totok

Setelah itu ada Situbondo dengan paslon Karna Suswandi - Khoirani (54,3 persen), dan terakhir adalah Kota Blitar dengan paslon Santoso-Tjutjuk Sunario (58,6 persen).

“Ada 3 daerah yang paslonnya diusung PDIP ini mampu merebut kursi kepemimpinan dari sebelumnya yang diduduki partai lain, seperti Ponorogo, Gresik dan Situbondo. Sebelumya di daerah ini PDIP belum pernah menang,” imbuhnya.

Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno menambahkan kemenangan di 11 daerah ini hanya sementara, tetapi pihaknya optimistis akan memenangi Pilkada Jatim sesuai target yakni minimal 13 kota/kabupaten.

“BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDIP Jatim juga terus men-collect data ini, tapi kami optimistis menang,” imbuhnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia