75 Civitas Academica Universitas Brawijaya Positif Covid-19

Ilustrasi - Freepik
03 Desember 2020 17:27 WIB Choirul Anam News Share :

Harianjogja.com, MALANG—Sebanyak 75 civitas academica Universitas Brawijaya (UB) dinyatakan positif Covid-19.

Ketua Tim Monitoring Evaluasi dan Fasilitasi Unti Ludigdo mengatakan dalam sepekan terakhir, ada 10 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara, angka konfirmasi positif sebanyak 75 orang itu kumulatif sejak kasus awal pada Juli.

“Hampir semuanya tertular di luar kampus, seperti mereka yang aktif dalam kegiatan partnership dengan pemda,” ujarnya webinar di Malang, Kamis (3/12/2020).

Mereka ada yang dirujuk di RS, ada juga melakukan isolasi mandiri di tempat tertentu, maupun di rumah masing-masing.

Sebagian besar peningkatan jumlah ini terutama karena kegiatan sivitas akademika di luar kampus, baik kegiatan pribadi ataupun kedinasan yang berhubungan dengan pihak eksternal. Dampak dari ini kemudian menyebar di dalam kampus karena interaksi antar orang yang tidak dapat dicegah dengan ketatnya aturan internal kampus.

Mengurangi risiko penularan Covid-19, civitas academica dilarang berkegiatan yang diikuti orang lebih dari 50 persen dari kapasitas ruang. Dilarang pelaksanaan kegiatan di hotel atau tempat umum lainnya di luar kampus.

Selanjutnya, lebih selektif dalam menyetujui kegiatan yang menghadirkan tamu dari luar UB dan memastikan berlakunya protokol kesehatan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia