Advertisement

Ini Alasan Australia Kasih Utang Rp15,3 Triliun ke Indonesia

Edi Suwiknyo
Kamis, 12 November 2020 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Ini Alasan Australia Kasih Utang Rp15,3 Triliun ke Indonesia Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg menyebut pemulihan Indonesia dari pandemi Covid-19 sangat penting bagi stabilitas dan keamanan kawasan sehingga Negeri Kanguru memberikan pinjaman 1,5 dolar Australia atau setara Rp15,3 triliun kepada Indonesia

Covid-19 merupakan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Indo-Pasifik dan dunia. Kedua negara telah terkena dampak krisis tersebut karena ketidakpastian telah menekan aktivitas ekonomi global dan perdagangan internasional.

Pemerintah Australia akan memberikan pinjaman senilai 1,5 miliar dolar Australia kepada Indonesia, yang dibayarkan selama 15 tahun.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Pinjaman tersebut akan digunakan untuk mendukung pembiayaan anggaran Indonesia tahun 2020 yang difokuskan pada pengelolaan krisis Covid-19 dan program pemulihan ekonomi," katanya, Kamis (12/11/2020).

Australia dan Indonesia, kata dia, adalah tetangga sekaligus mitra strategis komprehensif. Kedua negara telah berkomitmen untuk saling mendukung dalam menangani krisis yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Pemberian pinjaman Pemerintah Australia kepada Indonesia mencerminkan kolaborasi bersama dan sebagai sebuah pengakuan atas catatan pengelolaan fiskal yang baik di Indonesia yang memungkinkan pemerintah menanggapi krisis kesehatan Covid-19.

"Pemerintah kami akan terus terlibat dan berbagi pengalaman saat kami bergerak menuju pemulihan ekonomi," ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Capaian Vaksin Lengkap PMK Sleman Baru Sekitar 16 Persen

Sleman
| Sabtu, 24 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement