Advertisement

Gatot Nurmantyo Tolak Bintang Mahaputera dari Jokowi?

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 11 November 2020 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gatot Nurmantyo Tolak Bintang Mahaputera dari Jokowi? residium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo . JIBI - Bisnis/Nancy Junita @kanal youtube refly harun

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo sejatinya pada Rabu (11/11/2020) ini menerima penghargaan tanda jasa Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo. Namun ia batal hadir memenuhi undangan negara tersebut.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Gatot Nurmantyo telah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ketidakhadirannya tersebut.

Advertisement

“Pak Gatot bersurat kepada Bapak Presiden [Jokowi] kalau dia tidak hadir. Isinya nanti Pak Menko Polhukan yang akan menyampaikan,” kata Heru kepada awak media, Rabu (11/11/2020).

Lebih lanjut, Heru menilai keputusan sang mantan Panglima TNI tersebut adalah haknya dan harus dihormati.

Baca juga: Gubernur Anies Bertemu Rizieq Shihab, Ini yang Mereka Lakukan

Mungkin, sambungnya, isi surat yang disampaikan tersebut berisi alasan ketidaksetujuannya atas pemberian tanda jasa mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Kemudian, Kasetrpes juga memastikan bahwa Gatot Nurmantyo tidak jadi menerima penghargaan Tanda Jasa Bintang Mahaputera karena sudah menyatakan diri menolak dan tidak hadir dalam acara.

“Tidak. Jadi kalo ngga hadir ya mungkin tanda jasaya diserahkan ke negara lagi,” kata Heru.

Sementara itu, sebelumnya Heru sempat menyatakan bahwa Gatot Nurmantyo sudah mengambil undangan dan menyatakan kesediannya untuk menerima tanda kehormatan.

"Terkait Pak Gatot Nurmantyo, Hadir, sudah ambil undangan dan pernyataan kesediaan menerima tanda kehormatan," kata Heru kepada wartawan, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Gelombang Tinggi Diperkirakan Terjadi Selama 3 Hari di Pesisir Selatan DIY

Sementara itu, pada hari ini Presiden Jokowi menganugerahkan tanda jasa dan tanda kehormatan kepada sejumlah mantan menteri dan mantan kepala staf angkatan TNI.

Beberapa mantan menteri yang menerima penghargaan antara lain adalah Puan Maharani yang merupakan mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Luhut Pandjaitan selaku mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement