MURI Serahkan Dua Rekor Donor Darah untuk Komunitas Indonesia Timur

MURI Serahkan Dua Rekor Donor Darah untuk Komunitas Indonesia Timur. - Istimewa
10 November 2020 15:22 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menyerahkan penghargaaan kepada  Komunitas Indonesia Timur atas dedikasinya dalam program Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna Terbanyak.

Dua rekor MURI tersebut diserahkan oleh Ridho Al Amin, Manager MURI kepada Suharto, Bapak Komunitas Indonesia di Jakarta bersamaan dengan Webinar Program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur, Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri, Sabtu (7/11).

Program webinar ini menghadirkan berbagai komunitas dan karang taruna Heppiii Community di 58 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Juga dihadiri Edward Rustanto, General Manager, Regional Sales RSO Surabaya dan Gunawan Prasetyo, Deputy GM Regional Sales Marketing Research Surabaya PT Sumber Cipta Mitraniaga (SCM) di Surabaya.

Pendiri MURI Jaya Suprana dalam sambutannya mengatakan, MURI secara resmi menganugerahkan dua penghargaan kepada PT. Sumber Cipta Multiniaga (SCM) dan Inspire Indonesia sebagai penyelenggara dan penanggung jawab program Donor Darah Komunitas Indonesia Timur dengan tema Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri. Dua penghargaan MURI meliputi: Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna Terbanyak.

"Kami berharap kegiatan dahsyat ini dapat memberi dampak positif dan menjadi inspirasi bagi masyarakat. Apalagi kegiatan ini bertepatan dengan momentum peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020. Ini rekor yang sangat hebat," kata Jaya Suprana.

Gunawan Prasetyo, Deputy GM Regional Sales Marketing Research Surabaya PT SCM menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh Komunitas Indonesia Timur, sehingga kegiatan kemanusiaan ini dapat berjalan lancar dan sukses.

"Terima kasih rekan-rekan Bold Riders, SuperSoccer, SuperAdventure, 76 Heppiii Community, Pokdarwis dan berbagai komunitas lain bersama DSO, SUB DSO serta PMI di 58 kabupaten/kota yang menjadikan ide mulia ini terwujud. Kita besar, kita hebat, kita menang," ujar Gunawan yang juga Bapak Komunitas Indonesia Timur.

Gunawan mengungkapkan, program donor darah yang melibatkan berbagai komunitas di Indonesia Timur ini berangkat dari keprihatinan terhadap stok darah di PMI yang terus menurun selama pandemi COVID-19. Sementara kebutuhan darah di berbagai daerah tetap tinggi. Kegiatan berlangsung selama periode 1-30 Oktober 2020.

Dalam pelaksanaannya jumlah komunitas yang terlibat mencapai 531 komunitas dan 105 Karang Taruna. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 7.758 orang dan berhasil mengumpulkan 5.322 kantung darah.

"Pencapaian Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur ini fantastis, hebat dan luarbiasa. Dan hari ini menjadi salah satu bukti bahwa kerja keras dan totalitas teman-teman Komunitas Indonesia Timur pantas mendapatkan penghargaan tertinggi dari MURI," ungkapnya.

Suharto, Bapak Komunitas Indonesia, mewakili komunitas menyampaikan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada seluruh pihak di 58 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur yang sukses menggerakkan ribuan orang untuk mendonorkan darahnya. Apresiasi dari MURI ini membuktikan bahwa Komunitas Indonesia Timur memiliki nilai dan solidaritas yang tinggi.

"Kerja keras, keihklasan dan totalitas Anda semua dalam kegiatan kemanusiaan ini sungguh luar biasa. Di tengah pandemi yang masih membatasi aktivitas, Bapak/Ibu/Adik-Adik rela hadir untuk mendonorkan darahnya dengan tetap disiplin dan ketat menjalankan protokol kesehatan Covid-19," kata Suharto. (Adv)