Menteri Jokowi Dikabarkan Positif Covid-19, Epidemiolog Sentil Keterbukaan Informasi

Sebuah botol kecil berlabel Vaksin diletakkan di dekat jarum suntik medis di depan tulisan Coronavirus Covid-19" pada (10/4/2020). - Antara\\r\\n
31 Oktober 2020 23:57 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyarankan pejabat publik yang terinfeksi Virus Corona perlu memberitahu segera, secara terbuka ke publik agar bisa dilakukan pelacakan kasus dengan segera.

Pandu Riono menyampaikan hal itu lewat akun Twitternya @drpriono, Jumat (30/10/2020).

Menurut dia, pejabat publik yang terinfeksi Virus Corona perlu bertanggung jawab menyampaikan informasi ke khalayak, dengan demikian bisa dilacak siapa saja yang kontak dengan pejabat tersebut.

Selain terbuka, perlu dilakukan tes pada setiap suspek. Dalam cuitan itu, Pandu menyertakan foto pria berkaca mata mengenakan masker. Tidak jelas, siapa pria dalam foto itu.

Namun, warganet mengaitkan foto itu dengan menyebut Kementerian Kesehatan.

“Publik barus tahu, bukan hanya isolasi mandiri,” cuit Pandu.

Selain soal keterbukaan para pejabat publik, Pandu Riono juga mencuit soal angka kesembuhan kasus Covid-19. Kali ini, dia mengunggah foto Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Foto Jokowi pada hari ini, Sabtu (31/10/2020).

Pandu menuliskan: “Lapor: Sembuh, pak @jokowi.Maaf, maksudnya angka kesembuhan Covid-19 di Indonesia bertambah.”

Tidak jelas, siapa pejabat publik yang positif Covid-19 yang dimaksud Pandu.

Sempat beredar rumor mengenai menteri kabinet Presiden Joko Widodo positif Covid-19. Namun, kabar tersebut sampai hari ini belum terkonfirmasi kebenarannya.

Sumber : Bisnis.com