Advertisement

Kampanye 3M lewat Medsos dan saat Jadi MC

Salsabila Annisa Azmi
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Kampanye 3M lewat Medsos dan saat Jadi MC Rizki Rahma Nurwahyuni - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai seorang dalang muda, saat pandemi Covid-19 Rizki Rahma Nurwahyuni, 24, kehilangan banyak waktunya untuk mendalang di pertunjukan wayang kulit. Pandemi membuat semua jadwal pertunjukannya terpaksa dihentikan.

Selama menjalani masa rehat, Rahma menggunakan waktunya untuk menebar pesan positif. Caranya dengan mengingatkan teman-temannya untuk disiplin menggunakan masker.

Advertisement

"Saya tegur teman dekat yang tidak pakai masker. Baik saat bertemu langsung atau ketika lihat unggahan media sosial mereka tidak pakai masker," kata Rahma kepada Harian Jogja, belum lama ini.

Saat di media sosial, Rahma juga memanfaatkan akun Instagram-nya yang punya banyak pengikut untuk turut mengampanyekan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak).

Hal pertama yang dia lakukan adalah selalu menggunakan masker setiap mengunggah IG Stories atau feeds Instagram. "Saya juga posting IG Stories yang mengajak temen-temen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Rahma.

Begitu pula saat berkunjung ke tempat makan dan melihat pelayan tidak menggunakan masker, Rahma juga langsung mengingatkan para pelayan itu. Sebab menurutnya mereka paling rentan terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Bulan ini Rahma mulai kembali menjalani aktivitasnya sebagai master of ceremony (MC). Saat menjadi MC, Rizki menggunakan riasan wajah.

Banyak yang memilih untuk hanya menggunakan face shield, tetapi dia selalu berpesan pada rekan sesama MC bahwa face shield bukan pengganti masker.

"Meski dirias, saya tetap pilih pakai masker dan face shield. Kemudian mikrofon itu saya benar-benar teliti, saya selalu minta untuk dilapisi pelindung. Saya ingatkan panitia sedia mikrofon yang banyak sesuai jumlah pengguna jadi tidak bergantian," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement