Advertisement

Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem di Musim Hujan, Ini Saran dari BMKG

Newswire
Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:47 WIB
Nina Atmasari
Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem di Musim Hujan, Ini Saran dari BMKG Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia mulai memasuki musim hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem saat musim penghujan tiba. Di musim ini, ada potensi cuaca ekstrem yakni, intensitas hujan yang sangat lebat dengan disertai kilat dan angin kencang.

Kabid Deseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat terhadap ancaman cuaca ekstrem diantaranya yakni, melakukan pengecekan dan pembersihan saluran air.

Advertisement

"Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian genangan maupun banjir terutama daerah-daerah yang menjadi langganan seperti wilayah yang berada di daerah aliran kali atau sungai, daerah cekungan maupun daerah pesisir," kata Hary Tirto kepada Okezone, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: Pilkades hingga Pelantikan Kades Terpilih di Sleman Digelar Tahun Ini

Hary juga meminta agar masyarakat yang berada di daerah perbukitan waspada terhadap bencana longsor. Tak hanya itu, ia juga mengingatkan kepada pengendara motor ataupun mobil selalu mengecek prakiraan cuaca BMKG jika ingin bepergian saat musim penghujan.

"Bagi masyarakat yang sedang berkendara baik beroda dua maupun lebih, waspada jalan licin dan jarak pandang yang terbatas. Dihimbau untuk berlindung di bangunan yang kuat dan kokoh, tisak disarankan berlindung dibawah pohon," terangnya.

Untuk mengantisipasi ancaman kilat atau petir, ucap Hary, pemerintah diminta untuk memangkas atau merapikan pohon-pohon yang keliatan mulai rapuh. Sebab, hal itu sangat berbahaya bagi para pengguna jalan saat musim penghujan.

"Melakukan pengecekan kualitas pohon yang lapuk atau tidak. Melakukan pengecekan dan penguatan bagian atap daru bagunan semi permanen dann non permanen," beber Hary.

Baca juga: Kantor yang Tak Terapkan Protokol Kesehatan Bisa Disanksi Penutupan Sementara

"Melakukan pengecekan dan penguatan bagian-bagian bangunan konstruksi seperti baliho, papan reklame dan lain-lain. Hal-hal tersebut diatas perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Berita ini sudah ditayangkan di Okezone dengan judul Imbauan BMKG untuk Antisipasi Cuaca Ekstrem Musim Penghujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement