Ini Daftar Lengkap Pemenang Nobel 2020

Hadiah nobel - JIBI
12 Oktober 2020 22:07 WIB Ika Fatma Ramadhansari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penghargaan Nobel pada tahun ini diumumkan pada 6 hingga 12 Oktober di Stockholm, Swedia. Kusala ini merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada mereka yang dianggap telah memberikan kontribusi besar terhadap dunia.

Penghargaan Nobel telah diselenggarakan mulai 1901 hingga tahun ini oleh Nobel Foundation yang awalnya berasal dari kekayaan Alfred Nobel, seorang penemu asal Swedia yang juga pengusaha.

Tahun ini terdapat enam kategori penghargaan dimana setiap pemenangnya akan mendapatkan medali, personal diploma, dan juga uang tunai sebanyak 10 juta Krona Swedia (setara Rp16 miliar).

Berikut daftar pemenang penghargaan Nobel tahun 2020 yang dianugrahkan oleh Swedish Academy of Sciences:

- Bidang Medis, 6 Oktober 2020
Pada tahun ini dikhususkan untuk kategori pengobatan atau psikologi yang dimenangkan oleh Tim Harvey J. Alter dan Charles M. Rise beserta Michael Houghton untuk penemuan virus hepatitis C.

- Bidang Fisika, 7 Oktober 2020
Pemenang Nobel bidang fisika tahun ini dimenangkan oleh tiga orang dengan dua penemuan mengenai lubang hitam.

Roger Penrose memenangkan Nobel atas penemuannya mengenai formasi lubang hitam yang membuktikan prediksi dari teori relativitas.

Tim Reihard Genzel dan Andrea Ghez untuk penemuan objek padat yang sangat besar di galaksi Bima Sakti.

- Bidang Kimia, 8 Oktober 2020
Dimenangkan oleh Emmanuelle Charpentier dan Jennifer A. Doudna untuk perkembangan metode penyuntingan genom.

Penelitian ini dipercaya berkontribusi besar dalam pengobatan kanker dan juga dipercaya akan bisa mewujudkan mimpi saintis untuk mengobati penyakit turunan.

- Bidang Literatur, 9 Oktober 2020
Peraih penghargaannya adalah seorang penyair Louise Gl├╝ck untuk puisinya yang bersuara dengan lantang dengan indah yang membuat keberadaan individu menjadi universal.

- Bidang Perdamaian, 9 Oktober 2020
Penghargaan diberikan kepada Organisasi Program Makanan Dunia (WFP) untuk ogranisasi kemanusiaan terbesar yang fokus mengatasi masalah kelaparan dan mempromosikan keamanan pangan.

Melalui Twitter, WFP menyatakan penghargaan ini adalah bentuk pengakuan atas kerja staf WFP yang mempertaruhkan hidupnya setiap hari untuk membawa makanan dan pendampingan kepada lebih dari 100 juta anak, wanita, dan pria kelaparan di seluruh dunia.

- Bidang Ekonomi, 12 Oktober 2020
Nobel Laureate bidang Ekonomi adalah Paul R. Milgrom dan Robert B. Wilson untuk memperbaiki teori lelang dan menciptakan format lelang baru.

Format teori lelang baru ini memberikan keuntungan untuk pembeli, penjual dan masyarakat secara keseluruhan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia