Advertisement

Pakar: Gunakan Masker Sesuai Kondisi untuk Cegah Covid-19

Newswire
Selasa, 06 Oktober 2020 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Pakar: Gunakan Masker Sesuai Kondisi untuk Cegah Covid-19 Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ahli patologi klinis dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Tonang Dwi Ardyanto, mengatakan pada pandemi Covid-19, masyarakat harus menggunakan masker sesuai dengan kondisinya serta disiplin dan taat menggunakan masker.

"Gunakan masker sesuai dengan kondisi. Selain itu yang tak kalah penting lagi adalah kedisiplinan dan ketaatan dalam menggunakan masker yang benar. Ini lebih menentukan efeknya,” ujar Tonang, Selasa (6/10/2020).

Advertisement

Tonang mengatakan sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, masker yang digunakan sebaiknya tiga lapis karena sifatnya tidak hanya untuk penyaringan.

Di tempat umum atau kerumunan maupun di rumah sakit, masker yang digunakan minimal masker medis atau bedah.

"Tentunya masyarakat diharapkan dapat menggunakan masker yang memenuhi rekomendasi WHO tadi, yakni tiga lapis untuk masker kain," ujar dia.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari F Syam mengatakan pada prinsipnya masyarakat sebaiknya menggunakan masker yang tiga lapis.

"Kalau yang umum yaitu masker bedah. Namun masalahnya maskernya terbatas. Jadi kalaupun menggunakan masker kain, yaitu harus yang tiga lapis," katanya.

Ari menjelaskan penggunaan masker tersebut tergantung pada kebutuhannya dan di mana masker itu digunakan. Jika di rumah sakit, semua orang harus menggunakan masker bedah. Sementara jika hanya sebentar bertemu dengan orang lain, setiap orang dapat menggunakan masker kain tiga lapis.

"Tetap harus menggunakan masker tiga lapis, karena kalau satu lapis perlindungannya kurang," kata Ari.

Pemerintah melalui Satgas Covid-19 mengampanyekan #ingatpesanibu. Melalui kampanye tersebut, pemerintah berharap masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Terdapat tiga hal dalam kampanye #ingatpesanibu dari #satgascovid19 yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement