WHO Perkirakan 10 Persen Penduduk di Dunia Telah Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
06 Oktober 2020 12:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih melanda dunia dan kasus positif terus bertambah setiap harinya. Kepala badan kedaruratan Organisasi Kesehatan Duia (WHO), Dr. Michael Ryan, pada memperkirakan bahwa mungkin 1 dari 10 orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus corona Covid-19.

Melansir dari Medicalxpress, perkiraan tersebut menunjukkan bahwa sekitar 10 persen orang di dunia mungkin telah terinfeksi Covid-19. Menurut Ryan, dengan perkiraan tersebut maka kasus Covid-19 sebenarnya mungkin telah mencapai kurang lebih 700 kasus.

Baca juga: Keluar dari RS, Donald Trump: Jangan Takut Covid-19

Dokter Michael Ryan sendiri menyatakan perkiraannya pada sesi khusus bersama dewan eksekutif WHO beranggotakan 34 orang yang ini berfokus pada Covid-19. Menurutnya angka infeksi dari tiap daerah akan bervariasi.

"Sebagian besar dari dunia tetap berisiko," tegas Ryan, Senin (5/10/2020)

Ryan menyatakan bahwa pandemi akan terus berkembang, namun bisa dicegah dan ditekan risikonya.

Baca juga: Setelah Bogor, Bali Jadi Lokasi Uji Coba Penyuntikan Vaksin Covid-19

"Banyak kematian telah dicegah dan lebih banyak nyawa dapat dilindungi," kata Ryan.

Ryan mengatakan Asia Tenggara akan menghadapi lonjakan kasus, begitupun dengan Eropa dan Mediterania timur yang akan tetap mengalami peningkatan kasus. Sedangkan situasi di Afrika dan Pasifik Barat mulai menunjukkan kondisi yang positif.

Secara keseluruhan, Ryan mengatakan bahwa dunia sedang menuju masa yang sulit.

"Penyakit ini terus menyebar. Penyakit ini sedang meningkat di banyak bagian dunia," kata Ryan kepada dewan eksekutif WHO.

"Perkiraan terbaik kami saat ini bahwa sekitar 10 persen populasi global mungkin telah terinfeksi oleh virus ini," imbuhnya.

Margaret Harris, juru bicara WHO mengatakan bahwa perkiraan dari pihaknya berdasarkan rata-rata studi antibodi yang dilakukan di seluruh dunia. Dia mengatakan bahwa 90 persen orang yang terinfeksi tidak bergejala.

Sumber : Suara.com