Ini 10 Binatang Paling Mematikan di Dunia

Ular kobra berkepala dua - proboards
06 Oktober 2020 21:27 WIB Fransisco Primus Hernata News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada beberapa makhluk lain yang benar-benar mematikan, dari hewan yang sangat kecil yang hampir tidak akan bisa melihatnya hingga hewan yang begitu besar.

Sebagian besar memang tidak membunuh banyak manusia, tetapi sebagian dari mereka bisa menjadi predator yang sangat ganas di alam liar.

Berikut 10 hewan paling mematikan di dunia seperti dilansir dari Livescience:

1. Kobra Asia

Walaupun ular kobra Asia tidak memegang gelar sebagai ular paling berbisa, ular ini sangat mematikan dengan racun yang dimilikinya. Dan itu menjadikannya sebagai salah satu makhluk yang membunuh sebagian besar orang.

Dari 50.000 kematian manusia akibat gigitan ular setiap tahun, ular kobra Asia bertanggung jawab atas bagian terbesar dari angka tersebut. Jika Anda pernah bertatap muka dengan salah satunya, perlu diingat bahwa mereka dapat menembakkan racun hingga 6 kaki (2 meter) dengan akurasi yang luar biasa. Mereka menyemprotkan neurotoksin serta racun dapat membutakan Anda.

2. Nyamuk

Kebanyakan gigitan nyamuk hanya membuat Anda gatal. Tetapi beberapa nyamuk membawa dan menyebarkan parasit penyebab penyakit malaria. Akibatnya, hama kecil ini bertanggung jawab atas kematian lebih dari dua juta orang setiap tahun. Nyamuk juga diidentifikasi sebagai pembawa virus zika yang menakutkan.

3. Hiu Putih Raksasa

Anda tahu yang ini akan ada di dalam daftar, bukan? Darah di dalam air dapat membuat hiu ini menjadi buas, di mana mereka akan menggunakan 3.000 gigi mereka untuk menggigit apa pun yang bergerak.

Namun, meskipun dengan semua keganasan mereka, kematian manusia akibat serangan hiu jarang terjadi. Pada 2014, hanya terdapat 72 serangan hiu terhadap manusia di seluruh dunia, serta menimbulkan tiga kematian.

4. Ubur-ubur Kotak Australia

Juga dikenal sebagai tawon laut, ubur-ubur seukuran mangkuk salad ini dapat memiliki hingga 60 tentakel dengan panjang masing-masing 15 kaki. Setiap tentakel memiliki 5.000 sel penyengat dan racun yang cukup untuk membunuh 60 manusia. Tidak ada catatan resmi yang disimpan mengenai jumlah serangan tiap tahunnya, tetapi para peneliti memperkirakan lusinan orang dibunuh oleh ubur-ubur ini setiap tahun: jauh lebih banyak daripada yang dibunuh oleh hiu!

5. Singa Afrika

Taring raksasa? Berlari Secepat kilat? Cakar tajam? Mereka memiliki semua hal ini, tetapi bagiamana jika mereka lapar? Kucing besar ini hampir menjadi pemburu yang sempurna.

Tapi inilah sesuatu yang kami yakin tidak Anda ketahui: Pada hari-hari setelah bulan purnama, singa lebih mungkin menyerang manusia, menurut sebuah penelitian. Mengapa hal ini dapat terjadi? Karena dengan sinar bulan yang cerah, mangsa biasa melihat mereka datang, dan singa menjadi lapar.

6. Buaya


   
Jangan salah mengira buaya ini sebagai batang kayu! mereka bisa tergeletak diam di air, menunggu orang yang lewat. Kemudian, dalam sekejap mata, ia akan menyerang mangsanya, menariknya ke bawah air untuk menenggelamkan dan mencabik-cabiknya. Anda lebih mungkin mati karena sengatan lebah daripada dibunuh oleh buaya, tapi tetap saja, anda tidak ingin mengalami semua ini. Buaya modern memiliki warisan "gulungan kematian" mereka yang terkenal dari nenek moyang kuno mereka, menukil sebuah studi fosil yang ditemukan di tahun 2014.

7. Gajah

Tidak semua gajah ramah seperti Dumbo. Gajah membunuh lebih dari 500 orang setiap tahun di seluruh dunia. Gajah Afrika umumnya memiliki berat sekitar 7 ton. Semua berat itu sebaiknya tidak menginjakmu. Dan kemudian ada gading yang tajam yang juga membahayakan nyawa.

8. Katak Panah Beracun

Katak kecil ini tidak diperuntukan untuk dicium atau disentuh, Punggung mereka yang dilapisi oleh cairan racun Neurotoxin diperuntukan untuk menjauhkan mereka dari para predator, dan tiap katak dapat memproduksi racun yang bisa membunuh 10 manusia dewasa.

9. Beruang Kutub   

Tentu mereka mungkin terlihat menggemaskan di kebun binatang, tetapi di alam liar mereka memakan gajah laut untuk sarapan. Apabila anda berada di antara binatang ini dan anaknya dan ia bisa dengan mudah merobek kepala Anda dengan satu serangan dari kaki raksasanya.

Namun, hanya ada dua atau tiga serangan beruang kutub pada manusia setiap tahun, hampir selalu karena manusia masuk ke lingkungan mereka, sering kali saat berkemah, dan tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat, menurut kelompok konservasi Polar Bears International.

10. Kerbau Afrika

Saat menghadapi predator, kerbau afrika biasanya akan menyerang secara langsung. Dengan berat sebesar 680 kg binatang yang juga memiliki dua tanduk besar dan tajam tentu akan menimbulkan luka yang dalam. Anda beruntung jika hanya ditemukan dengan satu kerbau afrika ini, bahaya sebenarnya datang ketika ribuan kawanan menyerbu ke arah Anda.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia