Heboh Suara Dentuman di Jakarta, BMKG Hubungkan dengan Petir

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
21 September 2020 07:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Suara dentuman menggegerkan warga Jakarta Timur hingga Jakarta Selatan pada Minggu (20/9/2020) malam. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membenarkan hal tersebut. 

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan hingga kini pihaknya belum mengetahui pasti sumber suara dentuman itu, sebab tidak ada aktivitas kegempaan di sekitar Jakarta.

"Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," kata Daryono mengutip Suara.com--jaringan Harianjogja.com, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga: Mahasiswanya Tewas Tenggelam Saat Penelitian di Sungai Oya, Begini Pernyataan UGM

Namun, tercatat ada beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB yang terdeteksi alat lightning detector BMKG.

Daryono tidak ingin berspekulasi terlalu dini terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur, namun berdasarkan hasil pemantauan tersebut dugaan sementara suara berasal dari petir di Gunung Salak, Bogor.

"Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Effy Zulkifli mengatakan hingga saat ini sumber suara belum ditemukan, pihaknya saat ini masih menyisir wilayah Pasar Minggu untuk mengecek kondisi lingkungan.

"Ini anggota saya lagi ngecek juga, pengecekan info adanya dentuman atau ledakan di sekitar wilayah Pasar Minggu, Kalibata dan sekitarnya," kata Kompol Effy saat dihubungi Suara.com, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga: Kekerasan Seksual Terus Meningkat, Payung Hukum Tak Berdaya

Dalam penyisirannya, Effy juga menyebut suara dentuman mirip ledakan terdengar di Kantor BIN, Jalan Seno Raya, Pejaten Timur, Pasar Minggu.

Suara dentuman mirip didengar sebanyak dua kali oleh Agung, warga Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan sekitar pukul 19.46 WIB saat hujan mengguyur kota Jakarta hampir seharian.

"Dua kali kedengeran di daerah gue [Gudang Peluru], Tetangga aja pada denger, pada keluar rumah, belum tau (asalnya)," kata Agung kepada Suara.com.

Sumber : suara.com