Sudah Ada Belasan Ribu Relawan Covid-19, Menkes Terawan: Masih Ada 3.500 Dokter Siap Bantu

Ilustrasi. - Freepik
15 September 2020 04:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat banyak tenaga medis rela terjun menjadi relawan membantu pemerintah menangani virua tersebut.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan hingga kini sebanyak 16.286 orang membantu penanganan pasien Covid-19. Mereka terdiri dari tenaga relawan, tenaga kesehatan nusantara sehat, dan dokter internship.

Baca juga: Begini Awal Mula Pedagang Beringharjo Ketahuan Terinfeksi Corona

Terawan menuturkan, tenaga medis tersebut telah ditempatkan di RS rujukan, laboratorium, dan sarana kesehatan yang melayani Covid-19.

"Mereka tersebar di RS Covid-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait Covid-19" ujar Terawan dalam jumpa pers, Senin (14/9/2020).

Tak hanya itu, Terawan menyebut masih ada sebanyak 3.500 dokter internship, 800 tenaga nusantara sehat, dan 685 tenaga relawan.

Baca juga: Satu Pasien Positif Covid-19 Klaster Soto Lamongan Meninggal Dunia

Jumlah tersebut kata Terawan, termasuk dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam, dokter umum dan perawat yang siap membantu.

"Siap untuk membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan," ucap dia.

Lebih lanjut, Terawan meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menekan penyebaran Covid-19.

"Mohon partisipasi dari semua pihak terutama di level kelurahan, desa, RW dan RT untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan," katanya.

Sumber : Suara.com