Advertisement

Realisasi Subsidi Gaji Pekerja Capai Rp5,84 Triliun, Total Anggaran Rp37,7 Triliun

Newswire
Minggu, 13 September 2020 - 11:17 WIB
Nina Atmasari
Realisasi Subsidi Gaji Pekerja Capai Rp5,84 Triliun, Total Anggaran Rp37,7 Triliun Ilustrasi uang. - Bisnis/ Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebagai upaya membantu pekerja di masa Pandemi Covid-19, Pemerintah memberikan subsidi gaji pada pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Hingga saat ini, realisasi anggaran subsidi upah bagi pekerja ini telah mencapai Rp5,84 triliun dari total anggaran sebesar Rp37,7 triliun. Realisasi tersebut baru disalurkan dalam 2 batch subsidi upah.

Advertisement

Baca juga: Mau Dapat Kredit Tanpa Agunan Hingga Rp100 Juta, Begini Syarat & Caranya

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, total penerima batch I dan II sudah mencapai 4,87 juta pekerja atau 89,45%.

"Hingga saat ini, Bantuan Subsidi Upah telah disalurkan dalam 2 batch dengan total dana Rp5,84 triliun dan penerima 4,87 juta pekerja atau telah mencapai 89,45% dari target 2 batch," ujar Ida dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (13/9/2020).

Sementara itu, pemerintah akan segera mencairkan BLT subsidi gaji batch III. Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, ada 3,5 juta data rekening penerima bantuan subsidi upah (BSU) yang sudah diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Data tersebut pun akan segera diproses pencairannya.

Baca juga: Disnaker DKI Jakarta Sebut 84 Wartawan MNC Positif Corona

Dengan diterimanya data penerima BSU tahap III ini, maka jumlah total penerima BSU hingga saat ini adalah sebanyak 9 juta rekening.

Ida Fauziyah mengutarakan, pencairan BLT akan memakan waktu maksimal 4 hari untuk checklist terlebih dahulu dari tanggal diterima, baru setelahnya diserahkan dan diproses oleh KPPN dan ditransfer oleh bank penyalur.

"Mekanisme penyaluran BSU tahap III masih sama dengan tahap sebelumnya. Di mana data yang telah diserahterimakan akan dilakukan checklist oleh Kemnaker terlebih dahulu yang membutuhkan waktu 4 hari sebelum nantinya diproses oleh KPPN dan Bank Penyalur," ujarnya.

Untuk mendorong daya beli para pekerja bergaji di bawah Rp5 juta di tengah pandemi Covid-19, pemerintah juga akan memperpanjang program subsidi upah hingga tahun 2021.

Berita ini sudah ditayangkan di Okezone dengan judul BLT Subsidi Gaji Pekerja Habiskan Rp5,84 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement