Advertisement

Trik Membeli Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Newswire
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Trik Membeli Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah Foto udara perumahan bersubsidi di Sumedang, Jawa Barat. - Antara/Raisan Al Farisi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Bank Rakyat Indonesia (BRI) berbagi trik membeli rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang selama ini agar kerepotan memiliki hunian.

EVP Consumer Loan Sales and Development Division Bank BRI Handaru Sakti dalam seminar daring pada Jumat (28/8/2020) menyampaikan bahwa trik pertama adalah masalah lokasi yang strategis dan lingkungan.

Advertisement

Ini bisa dianggap lokasi strategis dan lingkungan saat ini maupun sampai waktu ke depannya. "Ke depannya biasanya terkait dengan kebutuhan kehidupan kita seperti sarana dan prasarana, kebutuhan sosial seperti rumah sakit, sekolah dan pasar, sarana transportasi," ujarnya.

Menurut dia, kalau ini sudah terpenuhi, trik kedua adalah tinggal menyesuaikan dengan anggaran. Untuk hal ini setiap MBR bisa memilih seperti melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

Pertimbangan anggaran ini bukan hanya mempertimbangkan kondisi dana saat ini, melainkan juga konsumen harus mempertimbangkan kondisi dananya pada masa depan.

Selain itu trik berikutnya dalam memilih rumah subsidi idaman adalah konsumen harus betul-betul mencari dan memastikan pengembang yang profesional.

Salah satu caranya konsumen MBR bisa mengecek atau dapat melihat para pengembang yang kredibel dan terdaftar di situs Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR serta memastikan bahwa pengembang memiliki pengalaman di proyek-proyek sebelumnya.

Trik keempat adalah konsumen harus mempelajari legalitas proyek, dengan mengecek dan meneliti keabsahan sertifikat rumah serta izin-izin yang menyertainya.

Trik selanjutnya adalah jangan pernah menunda pembelian, karena rumah adalah kebutuhan pokok dan harga rumah akan terus meningkat.

Terakhir mencari cara pembelian rumah subsidi yang mudah dengan menggunakan aplikasi SiKasep melalui bank-bank mitra dengan pelayanan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement