Advertisement

Upacara 17 Agustus di DIY Tahun Ini  Sepi

Lugas Subarkah
Jum'at, 14 Agustus 2020 - 22:37 WIB
Bhekti Suryani
Upacara 17 Agustus di DIY Tahun Ini  Sepi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Hari kemerdekaan RI ke-75 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang dan masih dalam suasana pandemic covid-19, akan tetap diperingati oleh Pemerintah Daerah DIY dengan upacara bendera di Gedung Agung, meski dengan peserta terbatas dan penerapan protokol Kesehatan.

Ketua Panitia Peringatan 17 Agustus Ke-75 Pemda DIY, Tri Saktiyana, menjelaskan upacara bendera akan tetap dilakukan pada pagi dan sore, dengan melibatkan total 150 orang. “Kru dan tamu undangan, total 150 orang. semua yang masuk loksai wajib rapid tes, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,” ujarnya, Jumat (14/8/2020).

Advertisement

Jumlah tersebut kata dia, tiga kali lebih sedikit disbanding upacara pada umumnya. Pada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada upacara kali ini hanya terdiri dari delapan petugas, dengan rincian tiga petugas untuk pengibaran bendera pagi, tiga petugas untuk penurunan bendera sore dan dua petugas untuk cadangan.

Kemudian pada pukul 10.17 WIB, akan dilakukan penghormatan pada detik-detik proklamasi, dengan membunyikan sirine milik Pemda DIY yang tersebar di enam titik. Pada detik-detik proklamasi ini semua masyarakat diharapkan ikut memberi hormat, dimana pun berada.

Untuk menyemarakkan detik-detik proklamasi ini, Pemerintah Pusat kata dia, membuka sayembara video yang berisi aktivitas penghormatan ini. Video dikirimkan ke Panitia Peringatan 17 Agustus Ke-75 pusat, dengan hadiah total sebesar Rp1 miliar.

Selain itu, dalam peringatan Kemerdekaan RI ke-75 di Pemda DIY menyematkan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada 410 Aparatur Sipil Negara (ASN) serta memberikan remisi kepada 625 Warga Binaan Permasyarakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement