Hari Ini Pengumuman SBMPTN, Kamu Harus Ketahui Hal-hal Ini Dulu...

Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan
14 Agustus 2020 12:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2020 akan diumumkan pada hari ini Jumat (14/8/2020). Pengumuman SBMPTN 2020 ini maju satu minggu dari jadwal yang ditetapkan yakni 20 Agustus 2020.

Pengumuman SBMPTN bisa mulai diakses sejak pukul 15.00 WIB melalui situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum pengumuman SBMPTN 2020 ini. Berikut penjelasannya.

1. Bagaimana Cara Melihat Hasil Pengumuman 2020?

Hasil pengumuman SBMPTN 2020 bisa diakses di situs resmi LTMPT http://pengumuman.sbmptn.ac.id/. Namun, jika Anda mengalami kendala saat mengakses situs tersebut, Anda bisa melihat hasil pengumuman melalui situs lainnya yakni:

http://sbmptn.ui.ac.id

http://sbmptn.ugm.ac.id

http://sbmptn.undip.ac.id

http://sbmptn.unair.ac.id

http://sbmptn.unsri.ac.id

http://sbmptn.untan.ac.id

http://sbmptn.itb.ac.id

http://sbmptn.its.ac.id

http://sbmptn.ipb.ac.id

http://sbmptn.unand.ac.id

http://sbmptn.unhas.ac.id

http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Selain beberapa situs alternatif di atas, Anda juga bisa mengakses hasil pengumuman di situs masing-masing universitas yang Anda daftar. Meski begitu, perlu diketahui bahwa hasil pengumuman di situs universitas hanya mencakup nama-nama yang lolos dan mendaftar di universitas tersebut.

Baca Juga: Diterjang Corona, Proyek Kawasan Penopang YIA Terpaksa Dihentikan

2. Live Streaming

Live streaming konferensi pers mengenai pengumuman SBMPTN 2020 bisa Anda lihat pada hari Jumat, (14/8) mulai pukul 13.30 WIB. Berikut link live streaming:

Youtube: https://s.id/LTMPTOFFICIAL

Instagram: https://instagram.com/ltmptofficial

Konferensi pers tersebut memuat beberapa agenda yakni arahan dari sekjen Kemdikbud, sambutan Dirjen Dikti Kemdikbud, sambutan Ketua Majelis Rektor PTN, paparan Ketua LTMPT, dan tanya jawab.

3. Apa yang Harus Dilakukan Setelah Lolos Pengumuman SBMPTN 2020?

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah dinyatakan lolos SBMPTN di kampus pilihan yakni melakukan registrasi ke masing-masing PTN dan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh setiap PTN.

Baca Juga: Kabar Virus Corona Menyebar Lewat Makanan Beku di China, Ini Kata WHO..

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap maraknya penipuan hasil SBMPTN dari oknum atau calo dengan iming-iming uang.

4. Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Lolos SBMPTN?

Jika Anda dinyatakan tidak lolos SBMPTN, maka Anda bisa mengunduh sertifikasi UTBK di situs LTMPT yang nantinya bisa digunakan untuk mendaftar jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru di PTN yang diinginkan. Hal ini penting dilakukan karena hasil UTBK biasanya jadi salah satu syarat pendaftaran ke PTN.

Itulah hal-hal yang perlu kalian ketahui sebelum pengumuman SBMPTN 2020.

Sumber : suara.com