Dinyatakan Positif tapi Segar Bugar, Wawali Solo Lakukan Swab Mandiri dan Hasilnya Negatif

Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos - Kurniawan)
28 Juli 2020 11:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Setelah menjalani tes swab mandiri di RS Kasih Ibu Solo, Wakil Wali Kota atau Wawali Solo Achmad Purnomo mendapatkan hasil negatif Covid-19.

Tes swab mandiri itu dilakukan Purnomo lantaran merasa aneh dan penasaran. Dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 namun kondisi kesehatannya tidak ada gangguan, bahkan terbilang segar bugar.

Demi memenuhi rasa penasarannya itulah, pada Jumat (24/7/2020) atau sehari setelah dinyatakan positif Covid-19, Purnomo langsung menjalani tes swab di RS Kasih Ibu. “Karena saya merasa sehat ndak kurang apa-apa kok hasilnya positif. Akhirnya saya kontrol ke Kasih Ibu,” urai dia.

Hasil tes swab dari RS Kasih Ibu itu keluar pada Senin (27/7/2020) dan Wawali Solo itu dinyatakan negatif Covid-19.

“Hasil kontrol saya di RS Kasih Ibu Solo baru saja saya terima ini. Baru diantar hari Senin ini, dan ternyata hasilnya negatif,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com--jaringan Harianjogja.com Senin malam.

Sebagaimana diinformasikan, Achmad Purnomo mengikuti swab test sepulang dari Jakarta pada Jumat (17/7/2020). Hasil tes yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo tersebut negatif Covid-19.

Wawali Solo itu kemudian menjalani swab test lagi pada Sabtu (18/7/2020). Hasil tes ini keluar lima hari kemudian atau Kamis (23/7/2020) dan ternyata positif Covid-19.

Hari itu juga, Wawali diminta isolasi mandiri. Dia tinggal di paviliun belakang rumahnya, terpisah dari keluarganya yang lain yang tinggal di rumah utama.

Protokol Kesehatan

Bahkan setelah ada hasil tes swab dari RS Kasih Ibu Solo yang menyatakan negatif, Purnomo tetap menjalani isolasi dan protokol kesehatan di rumahnya.

Wawali Solo itu dijadwalkan tes swab Covid-19 pada Selasa (28/7/2020). Tes ini dilakukan DKK dan merupakan tes terjadwal karena sudah lebih dari sepekan sejak tes terakhir yang menyatakan dirinya positif.

Kabar Wawali Solo Achmad Purnomo positif Covid-19 sempat membuat geger sejumlah kalangan termasuk anggota DPRD dan awak media di Solo. Hal itu karena beberapa hari sebelum hasil swab test yang menyatakan positif itu keluar, Purnomo sempat mengikuti sejumlah kegiatan dan bertemu banyak orang.

Pada Rabu (22/7/2020) atau sehari sebelum hasil swab test keluar, Purnomo mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD. Wali Kota FX Hadi Rudyatmo juga hadir di acara yang sama.

Pada Sabtu (25/7/2020), kalangan anggota DPRD, pejabat Pemkot, dan awak media yang diketahui berkontak dengan Purnomo menjalani swab test. Hasilnya hingga Senin (27/7/2020) belum keluar.

Sumber : Solopos.com