JK: Umumkan 3 Hal Ini Lewat Toa Masjid sampai Bosan! Apa Itu?

Jusuf Kalla (JK). - Okezone
21 Juli 2020 07:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - M Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan seruan kepada 800.000 masjid di Indonesia, untuk menyampaikan tiga hal penting melalui pengeras suara selepas salat berjamaah.Tiga hal itu antara adalah pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Menurut Kalla, penyebaran Covid-19 semakin hari semakin cepat. Hal itu bisa dilihat dari segi penularannya ataupun daya rusaknya. Oleh karenanya, seruan-seruan untuk melawan Covid-19 harus juga disampaikan dari seluruh masjid.

"Setiap abis salat itu diumumkan lewat speaker, toanya masjid. Pokoknya itu sudah jadi seruan, intruksi bagi masjid. Demi keselamatan jamaahnya," tuturnya JK, sapaan akrabnya usai memberikan bantuan di Masjid Al-Itishom Balai Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (20/7/2020).

Dibeberkannya, seruan yang disampaikan melalui masjid akan berbeda dampaknya dibanding imbauan-imbauan yang dikatakan oleh pengurus RT, RW, Kelurahan, atau pejabat lain. Sebab, rumah ibadah memiliki kedekatan tersendiri bagi umatnya. Seruan itu berisi kewajiban memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Selesai salat imam lewat speaker besar serukan, pesannya cuma tiga hal itu. Habis salat Subuh, diserukan kalau mau kerja harus pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Habis dzuhur begitu, Ashar begitu, Maghrib begitu, seterusnya. Selesai salat berikan seruan, sampai bosan rakyat," jelasnya.

Menurutnya, belum pernah ada penyakit yang daya penularan serta daya rusaknya sebesar Covid-19. Dia membandingkan dengan Tuberculosis (TBC), Malaria, bahkan HIV. Kata JK, virus Corona tak pernah memandang siapapun korbannya.

"Kalau Covid ini bisa kena semuanya," ucapnya.

Untuk menghindari jamaah terkena Covid-19, JK meminta agar segenap pengurus rutin membersihkan masjid setiap hari. Disampaikannya, hanya ada 3 cara menghindari penyebaran Covid, yakni memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

"Karena itu maka masjid harus dibersihkan tiap hari, supaya masjid tidak menjadi sumber penyebaran. Contoh misalnya di Korea itu sumbernya dari kebaktian gereja," pungkasnya.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Jusuf Kalla Instruksi Seluruh Masjid Serukan 3 Hal Ini Usai Shalat". 

Sumber : Okezone