Positif Covid-19, Seorang Nenek di Madiun Meninggal Dunia

Ilustrasi. - Reuters
19 Juli 2020 06:27 WIB Abdul Jalil News Share :

Harianjogja.com, MADIUN -- Seorang perempuan lanjut usia atau nenek-nenek di Desa Pagotan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun meninggal dunia karena positif Covid-19, Sabtu (18/7/2020).

Nenek-nenek berinisial SA asal Madiun ini sebelumnya diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono, mengatakan ada satu warga meninggal dunia karena Covid-19.

BACA JUGA : Sehari Bertambah 8: Lagi, Pasien Covid-19 di DIY Meninggal

Sebelumnya, pasien ini merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah menjalani perawatan di RSUD dr. Soedono Madiun. “Pasien ini adalah pasien nomor 40. Ini pasien PDP. Sebelumnya memang mengalami gejala seperti sesak napas, batuk, panas, dan pilek,” kata dia, Sabtu.

Soelis menuturkan pasien ini sebenarnya tidak memiliki riwayat pergi ke mana-mana. Tetapi, perempuan lansia ini diketahui aktif mengikuti kegiatan pengajian di desanya.

“Ini ibu rumah tangga. Ia aktif di pengajian. Seminggu tiga kali ikut pengajian, setiap hari Selasa, Kamis, dan Jumat,” ujar dia.

BACA JUGA : Corona di DIY: 7 Pasien Meninggal Dunia, 25 Pasien Sembuh

Atas dasar itu, Puskesmas Geger pun telah melakukan tracing terhadap pasien positif Covid-19 ini. Hasilnya ada 15 orang yang merupakan anggota kelompok pengajian yang diduga kontak erat dengan pasien dan keluarga pasien.

Mereka yang menjadi kontak erat nenek-nenek asal Madiun yang positif Covid-19 telah menjalani rapid test. Namun, terkait hasil rapid test-nya, Soelis mengaku belum mendapatkan laporan hasilnya. Saat ini jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Madiun ada sebanyak 40 orang. Dengan 34 pasien di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Sumber : JIBI/Solopos