Tak Peroleh Rekomendasi Maju Pilkada Solo, Achmad Purnomo Cukur Berewok dan Kumis

Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos - Kurniawan)
18 Juli 2020 18:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo mencukur kumis dan berewoknya. Penampilan baru Purnomo ini berubah drastis hanya sehari setelah PDI Perjuangan (PDIP) meresmikan pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan diusung di Pilkada Solo, Jumat (17/7/2020).

Sebelumnya, nama Achmad Purnomo menjadi kandidat kuat penerima rekomendasi sebagai Wali Kota Solo. Hal itu karena Purnomo didukung hampir semua pengurus PDIP Solo, termasuk F.X. Hadi Rudyatmo yang merupakan Ketua DPC PDIP Solo.

Saat ditemui di Balaikota Solo, Sabtu (18/7/2020), Purnomo mengaku kumis dan berewok khasnya memang baru saja dibersihkan.

Pembersihan kumis dan berewok tersebut dilakukan pada waktu berbeda. "Cukur jenggotnya tadi malam [Jumat (17/7/2020)] dan cukur kumisnya tadi pagi [Sabtu (18/7/2020)," ujar Purnomo sambil tersenyum.

Saat disinggung apakah merapikan penampilan ini terkait dengan rekomendasi PDIP dalam pilkada Solo yang jatuh kepada Gibran Rakabuming dan Teguh Prakoso, Purnomo kembali tersenyum. Dia juga mengiyakan pernyataan wartawan tersebut. "Ya. Ini syukuran karena [masalah] rekomendadi [PDIP Solo] sudah selesai, " imbuh dia.

Namun, Purnomo tidak mengatakan lebih lanjut tentang rasa syukur tersebut. Sebelumnya, beberapa waktu lalu Purnomo memang sempat mengirimkan surat pengunduran diri dari calon Wali Kota Solo kepada pengurus DPC PDIP Solo.

Alasannya, dia tak sampai hati mengikuti pelaksanaan Pilkada Solo di tengah pandemi Covid-19 yang mengancam kesehatan warga. Namun, pengunduran diri tersebut ditolak sehingga Purnomo kembali menjadi kandidat calon Wali Kota Solo dari PDIP.

Lebih jauh, Purnomo menambahkan selama ini dirinya hanya memelihara kumis dan jenggot atau berewok pada saat menjabat Wakil Wali Kota Solo. "Saya pelihara ini ya pas jadi Wakil Wali Kota saja. Sebelumnya tidak pernah begini [berkumis dan berberewok],” ujar dia.

Dia mengaku hanya berharap setelah ini penampilannya berbeda dan berubah. Purnomo ingin penampilannya seperti dulu sebelum dia menjadi Wakil Wali Kota Solo. "Ya biar kembali seperti dulu lagi,," kata dia.

Sumber : Solopos.com