Pemerintah Anggap Tak Masalah Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Asal..

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan paparan saat pembekalan kebencanaan bagi media massa di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (21/2/2019). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga - hp.\\n
10 Juli 2020 20:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Pemerintah tak mempermasalahkan kasus Covid-19 yang terus bertambah.

Dalam beberapa hari belakangan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 terus bertambah setiap harinya. Tercatat hingga hari ini jumlah keseluruhan kasus pasien positif Covid-19 sudah mencapai 72.347 orang.

Mengenai hal tersebut, Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan tidak perlu ada yang dikhawatirkan dari semakin banyaknya kasus positif baru ditemukan. Asalkan, selama angka kematian rendah maka tingginya angka positif bukan hal yang perlu dipermasalahkan.

“Ya semakin banyak kasus (Covid-19) ditemukan sebenarnya enggak masalah, tapi angka kematiannya itu rendah ya,” jelas Doni saat ditemui di kantor Kemenko PMK, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2020).

Menurut Doni, virus yang masuk dalam kategori pandemi itu bisa menulari siapa saja dan semua orang bisa tertular Covid-19 ini. Terpenting fasilitas kesehatan pun juga harus diperhatikan agar pasien dapat ditangani dan tak menjadi korban meninggal dunia.

“Yang penting tidak boleh ada yang meninggal, angka sakit harus kita monitor kita cek, kalo bed occupancy rasio di rumah sakit mengalami penigkatan nah kita harus khawatir. Tapi kalo bad occupancy rasio masih di bawah 50-60 persen ya tidak perlu berlebihan khawatirnya, tetap waspada dan hati-hati,” tegas Doni.

Disamping itu Doni tetap menghimbau agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan Covid-19.

"Masker ini enggakboleh lepas, anda semua di tempat kaya gini harus pake masker. WHO sudah memberikan peringatan bahwa ada airbone dan kemudian jaga jarak. Gampang ucapakan sulit dilaksanakan, pakai masker jaga jarak tangan bersih dan jangan sentuh bagian mata dan hidung," tukasnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Doni Monardo: Tak Masalah Kasus Covid-19 Naik Asal Angka Kematian Rendah"

Sumber : Okezone.com