Gitar Akustik Kurt Cobain Laku Rp85 Miliar

Peter Freedman dan gitar milik Kurt Cobain
22 Juni 2020 13:27 WIB Rezha Hadyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Gitar legendaris milik vokalis Nirvana, Kurt Cobain berhasil terjual dengan harga US$6 juta, atau lebih dari Rp85,4 miliar dalam sebuah lelang.

Gitar tersebut digunakan Cobain saat Nirvana tampil dalam acara MTV Unplugged pada 1993.

Sebagai catatan, MTV Unplugged adalah acara yang ditayangkan oleh MTV, menampilkan musisi terkenal memainkan alat musik akustik. Acara tersebut meluncur pada 1987 dan berakhir 20 tahun kemudian atau pada 2007.

Dilansir dari Insider pada Senin (22/6/2020), lelang gitar elektrik-akustik 1959 Martin D-18E itu dilakukan di rumah lelang Julien's Auction kota New York, Amerika Serikat, Sabtu (20/6).

BACA JUGA : Mau Barang Peninggalan Kurt Cobain? Jangan Lewatkan

Tawaran dibuka pada US$ 1 juta hingga akhirnya penawaran tertinggi sebesar US$ 6juta datang dari Peter Freedman, pemilik RODE Microphones.

Dikutip dari en.rode.com, Freedman berencana untuk menampilkan gitar itu dalam tur pameran di seluruh dunia yang akan diadakan di galeri dan ruang seni terkemuka, dengan semua hasil (termasuk gitar) digunakan untuk seni pertunjukan.

"Ketika saya mendengar bahwa gitar ikonik ini siap untuk dilelang. Saya segera tahu itu adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk mengamankannya dan menggunakannya untuk menyoroti perjuangan yang dialami orang-orang di seni pertunjukan sedang dihadapi dan selalu dihadapi," ujarnya.

"Industri seni global telah hancur oleh dampak COVID-19, dengan musisi dan seniman menjadi yang paling terpengaruh. Beberapa bulan terakhir banyak orang di bidang seni telah menyampaikan kenyataan pahit bahwa mereka bekerja di industri yang hanya memiliki sedikit dukungan di saat dibutuhkan. " tambahnya.

Sementara banyak industri secara bertahap kembali normal, tapi menurutnya itu akan memakan waktu lama sebelum industri musik dapat mulai berfungsi seperti semula.

"Saya melihat membeli gitar ini sebagai kesempatan untuk tidak hanya membaginya dengan penggemar musik, tetapi untuk melakukan jadi dengan cara yang meningkatkan kesadaran akan pergulatan yang dihadapi musisi dan artis setiap hari, dan melobi pemerintah untuk perubahan. " tegasnya.

Selain digunakan saat tampil di MTV Unplugged, gitar tersebut juga sempat digunakan oleh Cobain lima bulan sebelum dia bunuh diri di usia 27 tahun.

Gitar tersebut digunakan untuk memainkan sejumlah lagu, termasuk "About a Girl" dan "All Apologies" pada 18 November 1993 di New York, Amerika Serikat.

Sehari sebelumnya di acara lelang yang sama, sebuah gitar khusus yang dimainkan oleh Prince di puncak ketenarannya pada 1980-an dan 1990-an dijual seharga US$563.500.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia