Pengakuan Pasien Covid-19: Jika Batuk Langsung Jatuh Lemas

Dialog pasien sembuh Covid/19 Pak Bungkus dengan Bupati Banyumas Achmad Husein
18 Juni 2020 09:07 WIB Sutarno News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Seorang pasien Covid-19 dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bernama Pak Bungkus mengaku gejala akutnya ditandai dengan sesak nafas berat dan seluruh anggota badan lemas lunglai tidak bisa bergerak. Jika batuk, dirinya langsung hilang keseimbangan dan jatuh.

Penuturan itu disampaikan warga Banyumas bernama Pak Bungkus yang berhasil sembuh dari Covid-19 setelah sempat kritis selama empat hari.

Bupati Banyumas Achmad Husein berdialog dengan Pak Bungkus untuk berbagi kisah penularan Covid-19.

"Susah bernafas, paru-paru seperti disayat-sayat. Seluruh badan terasa lemas, sulit menggerakkan kaki dan tangan," tutur Pak Bungkus dalam video dialognya yang diposting Bupati Banyumas Achmad Husein dalam instagramnya @ir_achmadhusein.

Depok Masih Tertinggi, Ini Sebaran 77 Kasus Covid-19

"Jika batuk, terasa langsung ke kepala dan langsung jatuh," tutur Pak Bungkus mengisahkan batuknya yang membuat kehilangan keseimbangan tubuh.

Pasien Covid-19 di Banyumas itu mengisahkan juga bahwa penderita Covid-19 tidak boleh berpikir terlalu berat atau stress.

Pak Bungkus dirinya ketika masih menjalani perawatan mendengar berita bahwa istrinya juga tertular Covid-19.

"Mendengar hal itu, kondisi saya langsung drop lagi," tutur Pak Bungkus. Simak penuturan selengkapnya dari video @ir_achmadhusein berikut ini.


Bupati Banyumas Achmad Husein memposting video dialog dengan Pak Bungkus dengan maksud memberkan pelajaran kepada warganya untuk menaati protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

"Pelajaran kedua terkonfirmasi positif dgn gejala berat namanya pak Bungkus ... padahal postur tubuh lebih kekar dari pak Joni ( OTG yg saya upload terdahulu ). Sehingga kita harus hati hati dan waspada tetap PATUHI PROTOKOL KESEHATAN . Pakai masker , cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak," tutur Achmad Husein melalui akun Instagramnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia