Setelah Nyatakan Bebas Covid-19, Selandia Baru Terinfeksi Dua Kasus Baru

Petugas kontruksi tengah menikmati kopi di sebuah kafe di Selandia Baru. - Bloomberg
16 Juni 2020 21:47 WIB Renat Sofie Andriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Hanya beberapa hari setelah mengumumkan status bebas Covid-19, Selandia Baru melaporkan dua kasus baru infeksi virus Corona pada Selasa (16/6/2020).

Menurut laporan Bloomberg, Kementerian Kesehatan Selandia Baru mengungkapkan dua orang yang baru-baru ini tiba dari Inggris dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Tanpa memberi penjelasan lebih lanjut, kementerian menginformasikan bahwa kedua kasus itu terkait. Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield dijadwalkan untuk menyampaikan update tentangnya pada pukul 3 siang waktu setempat.

Selandia Baru terbebas dari virus Corona pada 8 Juni, ketika pasien terakhirnya dimumkan berhasil pulih. Pada hari yang sama, pemerintah mencabut penuh pembatasan sosial dan bisnis.

Negara ini diketahui mengupayakan strategi eliminasi yang eksplisit ketimbang sekadar berupaya menekan penularan virus dengan memberlakukan salah satu pembatasan paling ketat di dunia dan meminta semua orang untuk tinggal di rumah.

Pencapaian itu menjadikan negara kepulauan tersebut sebagai salah satu dari sedikit negara di dunia yang telah berhasil memberantas virus Corona.

Di sisi lain, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pada saat itu bahwa hampir pasti akan ada kasus lebih lanjut mengingat masih adanya penyebaran virus di luar negeri.

Tapi, selama mereka datang dari luar negeri dan dengan cepat diidentifikasi dan diisolasi, maka pembatasan-pembatasan tidak perlu untuk diberlakukan kembali.

Perbatasan Selandia Baru ditutup, dengan hanya warga negara dan penduduk, dan beberapa pengecualian yang disetujui pemerintah, yang diizinkan masuk ke negara itu. Selain itu, setiap kedatangan harus menjalani karantina selama dua pekan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia