Ini 5 Cara Kembali Bugar Usai Donor Darah

Karyawan Bisnis Indonesia mendonorkan darahnya di Wisma Bisnis Indonesia Jakarta, Selasa (5/12). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangkaian acara menyambut HUT ke-32 Bisnis Indonesia. - JIBI/Dwi Prasetya
16 Juni 2020 11:27 WIB Novita Sari Simamora News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pendonor untuk menjaga kualitas darahnya sebelum mendonorkan darah. 

Apa yang harus Anda lakukan setelah mendonorkan darah? Jaga agar lengan Anda tetap menghadap ke atas untuk menghindari memar, bengkak, bekuan darah, dan nyeri. Anda dapat makan-makanan ringan jika Anda mau dan tidak melakukan aktivitas fisik apa pun dalam 24 jam ke depan.

Kadar darah Anda akan kembali normal setelah 2-3 minggu. Maka untuk membantu tubuh Anda pulih dengan cepat di sini adalah beberapa tips untuk diikuti setelah menyumbangkan darah:

1. Minum banyak air

2. Hindari makanan berlemak

3. Pakailah pakaian yang nyaman

4. Hindari merokok dan minum alkohol

5. Jika Anda merasa pusing, tidak nyaman atau sakit, segera konsultasikan dengan dokter

Saat mendonorkan darah, pastikan Anda menyumbangkannya di pusat perawatan medis khusus yang menerapkan metode sangat aman untuk memastikan bahwa Anda aman dalam proses donasi.

Semua produk darah yang disumbangkan diperiksa untuk HIV, Hepatitis B, Hepatitis c dan sifilis sebelum transfusi. Konsekuensinya, karunia darah adalah karunia kehidupan.

Adapun usia pendonor darah harus antara 18-60 tahun dan beratnya harus lebih dari 45 kg untuk dapat mendonorkan darah. Seseorang harus menunggu selama 56 hari atau 8 minggu untuk kembali melakukan donor darah.

Sumber : Bisnis.com