Pakar Prediksi Kasus Corona Bakal Terus Bertambah, Ini Penyebabnya

Foto ilustrasi sel virus SARS-CoV-2 dan sel darah merah. - Freepik
15 Juni 2020 17:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Penambahan jumlah kasus Covid-19 diprediksi bakal terus terjadi.

Kasus positif Covid-19 secara nasional di Indonesia masih terus bertambah. Data gugus tugas pemerintah per 14 Juni 2020, total kasus mencapai 38.276 orang, naik sebanyak 856 dalam satu hari.

Ahli epidemiologi dan informatika penyakit menular dari gugus tugas Dr. Dewi Nur Aisyah, S.K.M., M.Sc menyampaikan bahwa penambahan kasus positif akan selalu bertambah seiring dengan pemeriksaan yang makin diperluas.

"Ketika lihat angka, jangan hanya lihat kasus positif. Kalau perbandingan, kita harus lihat penambahan jumlah karena apa. Kasus positif tambah tinggi karena jumlah pemeriksaan juga tambah tinggi," kata Dewi dalam teleconference melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Senin (15/6/2020).

Cara yang lebih mudah melihat data tersebut dalam bentuk persentase. Dewi menjelaskan, perlu dilihat berapa persen penambahan kasus positif dari angka pemeriksaan yang baru dilakukan.

Jika penambahan kasus kurang lebih sama dengan angka pemeriksaan, maka tidak ada perbedaan persentase kasus positif yang signifikan walaupun secara akumulatif jumlah kasus bertambah besar.

"Misalnya di awal target pemeriksaan 10 ribu per hari, kemudian naik jadi 20 ribu per hari. Maka pasti kita juga akan lihat lonjakan kasus positifnya. Tapi kalau kita bagi persentasenya mirip-mirip. Sekitar 10-15 persen," tuturnya.

Menurut Dewi, yang berbahaya adalah jika angka pemeriksaan berkurang dari hari sebelumnya tapi kasus penambahan positif makin tinggi. Artinya terjadi penyebaran infeksi yang benar-benar tinggi

Sumber : Antara