Warga DKI Jakarta Antusias Sambut Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Foto Ilustrasi Free style oleh aparat Polres Magelang dalam acara Car Free Day, di Lapangan Soepardi Kota Mungkid Kabupaten Magelang, Minggu (3/3/2019). - Harian Jogja - Nina Atmasari
14 Juni 2020 16:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemukakan antusiasme masyarakat terhadap pembukaan kembali Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) tinggi sekali.

"Antusiasmenya tinggi sekali. Volumenya banyak," kata Anies saat meninjau HBKB di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2020).

Situasi itu tampak dari pengguna sepeda yang ramai meski otoritas terkait hanya membuka satu lajur. Anies menjanjikan mulai pekan depan seluruh lajur sepeda di kawasan Bundaran HI akan seluruhnya dibuka untuk masyarakat. "Minggu depan sepenuhnya untuk sepeda, jalan kaki dan pelari, yang berolahraga jalur ini full," katanya.

Tingkat kedisiplinan masyarakat terhadap penggunaan masker di lokasi itu juga terbilang patuh. "Secara umum pakai masker. Naik sepeda juga pakai masker," katanya.

Terkait penggunaan pelindung wajah (face shield) bagi pengunjung HBKB, Anies menyerahkan hal itu kepada ahlinya. "Saya pakai masker kalau duduk, bicara, kalau hari-hari naik sepeda pakai face shield susah napasnya. Saya gunakan face shield untuk antisipasi potensi (penularan). Tapi jawabnya ahli kesehatan, serahkan pada ahlinya," katanya.

Sumber : Antara